7 Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Bau dan Bakteri

ADVERTISEMENT

7 Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Bau dan Bakteri

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 04 Nov 2021 16:30 WIB
Cara Membersihkan Kulkas yang Tepat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Agar terhindar dari bau tak sedap dan timbulnya bakteri, kulkas perlu dibersihkan secara rutin. Berikut cara membersihkan kulkas yang benar, ikuti langkahnya!

Kulkas, salah satu alat dapur yang penting untuk dimiliki. Karena fungsinya yang dapat menyimpan bahan makanan agar awet dalam jangka waktu yang lama.

Kulkas yang bisa menyimpan segala jenis bahan makanan ini tentunya perlu diperhatikan kebersihannya. Kulkas harus dibersihkan secara rutin agar bahan makanan yang disimpan tidak terkontaminas bakteri jahat.

Rutin membersihkannya juga dapat menghindari bau yang tak sedap. Untuk membersihkan kulkas, biasanya diperlukan soda kue atau cuka.

Dilansir dari Real Homes (4/2), berikut cara membersihkan kulkas agar bebas bau dan bakteri.

1. Kosongkan Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas yang TepatCara Membersihkan Kulkas yang Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto

Langkah pertama yang tepat untuk membersihkan kulkas adalah mengosongkannya. Seluruh isi kulkas harus dikeluarkan, agar lebih mudah untuk membersihkan bagian dalamnya.

Selain memudahkan proses pembersihan, kamu juga bisa mensortir makanan yang masih layak dimakan ataupun tidak. Buanglah makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa.

Saat mengosongkan kulkas, kalau kamu memiliki daging ayam atau sapi yang masih mentah, perhatikan proses menyimpannya. Gunakan boks berisikan es batu untuk menyimpan segala jneis daging yang kamu miliki. Jangan biarkan daging berada di suhu ruangan, karena bakteri akan cepat berkembang biak.

2. Keluarkan Rak

Selain mengosongkan kulkas dari bahan makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya, kamu juga perlu mengeluarkan rak agar lebih mudah membersihkannya.. Setelah itu, rak-rak kulkas juga harus dibersihkan agar tak ada lagi bakteri yang menempel.

Pertama, keluarkan rak kulkas terlebih dahulu dan diamkan sebentar sampai berada di suhu ruangan. Kemudian, rendam rak-rak itu di dalam ember berisikan air sabun yang hnagat. Rendam selama beberapa menit.

Baca Juga: 10 Hidangan Telur Populer di Dunia yang Enak Buat Sarapan



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT