Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia Julie Sutardjana Wafat, Ini 5 Fakta Karyanya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 03 Nov 2021 11:30 WIB
Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit
Foto: Instagram @kedainyonyarumah
Jakarta -

Penulis buku resep tertua di Indonesia, sekaligus pemilik restoran legendaris Kedai Nyonya Rumah di Bandung, Julie Sutardjana meninggal dunia di usia 99 tahun.

Nama Julie Sutardjana mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemar kuliner di Indonesia. Wanita kelahiran Lasem, 25 Mei 1922 ini, dikenal sebagai salah satu penulis buku resep tertua di dunia.

Ia masih aktif menulis buku resep dan terus memasak di usianya yang hampir menyentuh angka 100 tahun. Akrab disapa Oma Julie, semasa hidupnya beliau menoreh segudang prestasi di dunia kuliner.

Salah satunya prestasinya tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penulis dan pencipta resep makanan tertua di Indonesia. Ia juga memperkenalkan semua masakannya lewat restoran Kedai Nyonya Rumah, yang jadi salah satu tempat makan legendaris dan ikonik di kota Bandung.

Meski kini 'Nyonya Rumah' sudah tiada, tapi prestasi dan semua resep-resep yang ditulisnya akan selalu dikenang banyak orang.

Berikut beberapa uraian menarik tentang prestasi dan sepak terjang mendiang Julie Sutardjana di dunia kuliner Indonesia.

Baca Juga: Ibu Julie Sutardjana Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia

1. Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena SakitPenulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit Foto: detikcom/Wisma Putra

Kabar duka cita datang dari keluarga Julie Sutardjana, yang mengabarkan kepergian sang penulis resep legendaris di usianya yang ke 99 tahun. Lewat berita duka cita yang dikutip dari Tim Gramedia (03/11), Ibu Julie menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa malam, 2 November 2021.

Ibu Julie disemayamkan di Rumah Duka RS. Borromeus, yang akan dimakamkan pada hari Kamis mendatang di Cimahi, Bandung. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyebab meninggalnya sosok legendaris di dunia kuliner Indonesia ini.

Lewat akun Instagram resmi @kedainyonyarumah, tampak unggahan perayaan ulang tahun Ibu Julie yang ke-99. Dilengkapi dengan aneka cake dan keluarga besarnya.

"Ibu Julie Sutardjana. Sang Nyonya Rumah, sosok dibalik resep-resep legendaris dari Kedai Nyonya Rumah ini sedang berulang tahun ke 99 pada hari ini, 25 Mei 2021. Di usia yang menakjubkan ini, beliau masih sehat dan tetap up to date dengan informasi dan perkembangan jaman," tulis unggahan dari @kedainyonyarumah pada bulan Mei lalu.

2. Penulis 50 Buku Resep Populer

Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena SakitPenulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit Foto: Gramedia Pustaka

Sudah populer sebagai penulis buku resep dari tahun 1960-an. Nama Julie Sutardjana selalu menghiasi sampul-sampul buku resep andalan para ibu di Indonesia pada masanya. Selama lebih dari 6 dekade, Julie tak pernah berhenti berkreasi di dapur untuk menciptakan ratusan resep makanan yang berbeda.

Ada lebih dari 50 buku resep miliknya yang rata-rata diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Tentunya semua prestasi ini tidak dia dapatkan dalam waktu singkat. Ibu Julie pertama kali memulai karir menulisnya di tahun 1951, awalnya ia sering mengikuti resep-resep mingguan di majalah Star Weekly.

Dulu Star Weekly merupakan majalah terbitan Keng Po yang populer di era 60-an, terutama di komunitas peranakan China di Indonesia. Saat itu Ibu Julie merasa bahwa resep yang ada di majalah Star Weekly kurang bagus, sampai muncul lah tantangan dari sang suami untuk menulis resep di Star weekly.



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]