10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu?

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 03 Nov 2021 12:30 WIB
10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu? Foto: Twitter/food_fess/Istimewa

3. Cumcum

Berbentuk seperti kerucut panjang seperti kerang, kue cumcum punya isian vla manis yang menyerupai kue sus. Bagian luar kue cumcum ini menggunakan adonan pastry yang dibalurkan dengan gula pasir sebelum dipanggang.

Rasanya yang manis dengan tekstur renyah dan lembut ini menjadi favorit banyak orang. Mulai dari pedagang kue kaki lima hingga toko kue semuanya banyak yang menjajakan kue cumcum.

4. Lemper

10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu?10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu? Foto: Twitter/food_fess/Istimewa

Kue basah yang terbuat dari beras ketan diisi ayam ini menjadi jajanan pasar yang selalu hadir di berbagai kesempatan. Popularitas lemper membuat lemper menjadi hidangan yang selalu disajikan baik sebagai suguhan maupun salah satu dari kue kotak yang biasanya dibagikan dalam sebuah acara.

Dibalut dengan daun pisang dan dibakar sebentar, membuat lemper memiliki aroma wangi dari daun pisang yang menambah lengkap karakter rasa dari lemper itu sendiri. Tidak heran jika lemper menjadi salah satu kue basah jajanan pasar yang sering diperebutkan.

5. Nagasari

Rasanya yang manis membuat nagasari banyak diminati. Nagasari atau kue pisang ini terbuat dari adonan tepung beras yang melapisi pisang kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang.

Rasa kenyal dari tepung beras yang dikukus mampu berpadu sempurna dengan tekstur pisang yang lembut di bagian dalamnya. Nagasari juga menjadi salah satu jajanan pasar yang sangat banyak disajikan dan dijajakan dimana-mana.

6. Bikang Mawar

10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu?10 Jajanan Pasar yang Gurih Manis Ini Jadi Incaran, Mana Favoritmu? Foto: Twitter/food_fess/Istimewa

Bentuknya yang cantik membuat bikang mawar menjadi sajian kue bingkisan yang biasanya diletakkan dalam sebuah mika. Bentuknya yang mekar dengan warna yang indah membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Rasanya yang manis dan lembut juga membuat kue bikang mawar ini banyak disukai orang. Warna-warna cantik dari bikang mawar ini biasanya terbuat dari tiga warna berbeda yang biasanya menggunakan pewarna makanan buatan maupun pewarna makanan alami.

7. Apem Nangka

Lembutnya kue apem sejak zaman dahulu sudah membuat banyak orang terpikat. Rasa kue apem yang tidak terlalu manis sangat cocok bagi mereka penggemar jajanan pasar yang kurang menyukai rasa manis yang kuat.

Salah satu varian dari kue apem adalah apem nangka yang ditambahkan potongan buah nangka di dalamnya. Aroma nangka yang wangi serta rasanya yang manis menambah sempurna cita rasa kue apem.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com