Bukan dari Belanda, Risol Ternyata Kudapan  Asli Prancis

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Sep 2021 16:30 WIB
Indonesian Food Risoles on white plate Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar
Jakarta -

Terkenal sebagai jajanan pasar ikonik khas Indonesia. Ternyata risoles atau risol pertama kali dibuat di Prancis lalu menyebar dari Brazil hingga ke Indonesia.

Berbeda dengan jajanan pasar lainnya, risoles atau risol sama terkenalnya dengan kudapan gurih lainnya seperti pastel hingga kroket. Jadi menu legendaris yang sering ditemukan di setiap acara-acara, snack box hingga gorengan di pinggir jalan.

Banyak orang mengira risol diadaptasi dari kuliner Belanda ternyata awalnya diciptakan di Prancis. Kota mode yang satu ini jadi tempat lahirnya risol yang mendunia, bahkan risol menyebar hingga ke Brazil sampai Indonesia.

Dilansir dari Taste Atlas (24/09) dan beberapa sumber lainnya. Berikut beberapa fakta menarik seputar risol.

Baca Juga: Dulu Makanan Orang Miskin, Kini Pizza Jadi Makanan Italia yang Mendunia

1. Risol Kelahiran Prancis

Bukan dari Belanda, Risol Ternyata Kudapan  Asli PrancisBukan dari Belanda, Risol Ternyata Kudapan Asli Prancis Foto: Site Recipes

Banyak yang belum tahu, bahwa risol ini merupakan camilan gurih yang pertama kali diciptakan di Prancis. Jajanan pasar yang satu ini punya banyak latar belakang sejarah yang menarik.

Menurut penjelasan yang dihimpun dari Taste Atlas, naman asli dari risol adalah 'Rissole'. Orang-orang Prancis dulu memang suka membuat suatu hidangan, dengan menutup bagian ujung pastry atau adonan yang diisi dengan berbagai jenis makanan.

Sisa dari adonan tepung terigu atau dough ini, digunakan lah untuk membuat kulit rissole yang lebih tipis. Agar tidak mudah pecah saat digoreng, orang Prancis kemudian menambahkan tepung roti agar teksturnya renyah saat digigit.

2. Resepnya Berbeda

Risol Bob, risol kekinianrisol kekinian Foto: detikFood

Di Prancis, risol mungkin kudapan gurih yang diambil dari sisa-sisa makanan. Tapi ketika menyebar di beberapa negara lainnya, semua negara memiliki risol versi mereka masing-masing.

Risol dapat ditemukan di beberapa negara Eropa, bentuknya ada yang bulat menyerupai kroket ada juga yang lonjong. Tapi semuanya masih menggunakan tepung roti sebagai lapisan luarnya.

Selain di beberapa negara di Eropa, risol juga populer di Australia, New Zealand, Brazil sampai Indonesia. Isiannya berbeda-beda, meskipun kebanyakan menggunakan potongan daging cincang atau sayuran gurih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com