Jualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun Sendiri

ADVERTISEMENT

Jualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun Sendiri

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 02 Nov 2021 17:30 WIB
Jualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun Sendiri
Foto: YouTube/Inong Sam
Jakarta -

Tinggal di Austria, YouTuber asal Indonesia ini mengandalkan kemampuan memasaknya berjualan makanan khas Indonesia. Kali ini Inong Sam menawarkan sambal ijo yang cabainya dipetik dari kebun sendiri.

Nova Aritonang, pemilik akun YouTube @Inong Sam merupakan seorang Warga Negara Indonesia yang sudah lama tinggal dan menetap di Austria. Menikah dengan pria berkebangsaan Austria, Nova memiliki tiga orang anak yang lucu-lucu.

Sebagai orang asli Indonesia, Nova tidak melupakan budaya kuliner Indonesia walaupun menetap di Austria. Nova bahkan juga diketahui sering menerima pesanan berupa bakso segar yang dibuat dengan tangannya sendiri.

Memiliki kemampuan memasak yang mumpuni, Nova mengatur waktunya dengan sangat baik antara mengurus keperluan rumah tangga dengan bisnis makanan Indonesia miliknya. Kali ini, selain bakso, Nova akan menghadirkan sambal ijo khas Indonesia yang bahan dasar cabai hijaunya dipetik dari kebunnya sendiri.

Baca juga: Keseruan Inong Sam Masak Makanan Hemat Austria vs Indonesia

Jualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun SendiriJualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun Sendiri Foto: YouTube/Inong Sam

Melalui unggahan akun YouTubenya @Inong Sam (24/10) Nova atau Inong Sam mengatakan bahwa rekan suaminya sudah memesan sambal ijo buatannya yang begitu dirindukan. Bertepatan dengan baru saja panen cabai hijau dari kebunnya sendiri, akhirnya Nova memutuskan untuk memenuhi pesanan dari rekan kerja suaminya.

"Karena kemarin hasil cabe ijo dari kebun yang bau dipetik dan dipanen banyak bangetm, jadi hari ini akan bikin order sambel ijo dari hasil kebun alias petik sendiri di kebun cabe-cabenya," kata Nova.

Tidak hanya cabai hijau yang dipanen berlimpah ternyata cabai merah juga sedang subur-suburnya di kebun Nova. Hasil panen dari kebunnya yang berlimpah membuat Nova terpikirkan untuk juga membuat sambal merah dari cabai-cabai dan tomat yang dipetik dari kebunnya juga.

Nove memperlihatkan dua mangkuk besar yang berisi cabai hijau yang telah dibersihkan dan direndam di dalam air. Tak lupa juga berbagai bahan lainnya yang sudah dipersiapkan seperti tomat hijau, bawang merah dan bawang putih serta cabai dan tomat merah untuk sambal merah.

Satu persatu bahan-bahan pembuat sambal mulai direbus oleh Nova. Setelah matang, campuran cabai hijau, bawang bombay merah dan bawang putih dihaluskan hingga menjadi benar-benar halus. Tak lupa Nova juga menambahkan berbagai bumbu tambahan untuk membuat rasanya lebih lezat dan seimbang.

Sementara di sisi meja yang lain Nova sudah menyiapkan hingga lebih dari dua puluh jar atau toples yang akan digunakan untuk mengemas sambal miliknya. Mulai dari jar berukuran besar hingga yang kecil, sambal buatan Nova dikemas dalam berbagai ukuran.

Jualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun SendiriJualan Sambal Ijo di Austria, YouTuber Ini Petik Cabenya di Kebun Sendiri Foto: YouTube/Inong Sam

Nova juga punya trik sendiri untuk membuat sambal ijo buatannya menjadi lebih awet. Tekniknya adalah membalikkan stoples berisi sambal yang masih panas untuk menurunkan suhu sambal dengan lebih cepat.

Tidak pernah pelit dengan konsumennya, Nova bahkan memberikan bonus bagi para konsumen yang memesan sambal-sambal buatannya. Tiga bungkus Indomie menjadi bonus yang diberikan oleh Nova kepada konsumennya yang juga rekan kerja dari suaminya.

"Jadi ini sudah ada yang mau ambil sambalnya. Mamak kasih bonus jar kecil sambal merah biar dicobain dan tiga bungkus indomie goreng," kata Nova sambil tertawa kecil.

Nova memang cukup terkenal di kalangan Warga Negara Indonesia yang tinggal di Austria dan sekitarnya. Banyak juga dari rekan kerja suaminya yang terbiasa memesan makanan-masakan khas Indonesia buatan Nova yang diakui lezat rasanya.

Baca juga: Diracik Wanita Tegal, Nasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di Melbourne



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Penyet Sambal Ijo dan Pecak Lele Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT