Tren Kuliner 2021

Diracik Wanita Tegal, Nasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di Melbourne

Devi Setya - detikFood Sabtu, 09 Jan 2021 14:30 WIB
Wanita Asal Tegal Ini Jualan Nasi Bungkus Warteg di Melbourne Foto: Dokumentasi Garam Merica
Jakarta -

Nasi bungkus ala warteg bisa juga dinikmati di Melbourne, Australia. Rasanya yang autentik justru disukai banyak bule dan laris manis diserbu.

Adalah Corina, pemilik restoran Garam Merica yang baru-baru ini membuat nasi bungkus warteg sebagai menu baru di restonya yang berlokasi di Melbourne. Corina yang asli berdarah Tegal, Jawa Tengah mencoba membuat nasi bungkus yang awalnya hanya sebagai obat rindu kampung halaman.

Tak disangka, ternyata nasi bungkus ini bukan hanya jadi buruan WNI di Melbourne tapi juga para bule Australia. Nasi bungkus buatan Corina ini disukai banyak orang karena memang rasanya yang autentik.

Nasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di MelbourneNasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di Melbourne Foto: instagram @garammericamelbourne

Untuk menghadirkan masakan yang lezat, Corina mengaku tak mengalami kendala berarti soal bahan dan bumbu. Hampir semua bahan dan bumbu bisa ditemui di Melbourne meskipun harganya lumayan tinggi dan jumlahnya terbatas.

"Beruntung, hampir semua ada di Melbourne. Bumbu dan bahan baku lainnya ada. Bawang merah, bawang putih, jahe, bumbu Indonesia bisa didapetin di Melbourne. Cuma harganya aja yang beda," ujar Corina saat dihubungi detikFood.

Meski demikian, ada juga bahan yang agak sulit ditemui misalnya daun singkong. Bukan tidak ada, di Melbourne daun singkong termasuk sayuran yang jumlahnya terbatas. Oleh karenanya Corina menyiasati dengan sayuran lain yang serupa dengan daun singkong.

"Seperti daun singkong di sini ada, tapi nggak banyak makanya saya nggak pake daun singkong. Diganti dengan yang mirip dari segi tekstur, bau dan penampilannya, jadi kita pakai kale," lanjut wanita yang memang hobi masak ini.

Alhasil, penggunaan bumbu berlimpah membuat rasa masakan jadi autentik. Tak sedikit yang ketagihan dengan nasi bungkus warteg ini, termasuk para bule yang menjadikannya menu sarapan dan makan siang.

"Kualitas makanan kita jadi unggulan, menjaga produk menggunakan bahan premium dan memastikan makanan fresh. Dari sini customer appreciate makanan kita, kualitas rasa juga," lanjut Corina.

Nasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di MelbourneNasi Bungkus ala Warteg Ini Laris di Melbourne Foto: instagram @garammericamelbourne

Para pelanggan WNI maupun bule Australia yang suka menu nasi bungkus ini secara tidak langsung turut menjadi agen marketing. Banyak ulasan dan penilaian dari pelanggan yang isinya pujian soal rasa nasi bungkus ala warteg buatan Corina.

"Yang udah makan, bener-bener suka dan kagum. Mereka jadi membantu marketing kita. Setiap minggu kita dapet customer baru," pungkas Corina.

Berbagai penilaian soal kelezatan rasa nasi bungkus ini juga terlihat di media sosial. "Suamiku menganggap ini nasi bungkus paling enak di Melbourne," kata seorang pelanggannya.



Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com