Yummy! Pasta Milenial

Enak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal Matah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 16:00 WIB
Enak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal Matah Foto: Instagram pastapadang
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial
Jakarta -

Pasta asal Italia juga diadaptasi dengan rasa lokal. Dari bumbu rendang hingga sambal matah dijodohkan dengan pasta. Hasilnya, enak banget!

Selain pizza, pasta adalah makanan khas Italia yang mendunia. Beberapa jenis pasta bahkan terasa cukup akrab di lidah orang Indonesia. Sebut saja spaghetti, fettuccine, hingga macaroni.

Jenis pasta ini kemudian diolah bersama ragam saus. Beberapa yang populer adalah saus bolognese, saus carbonara, saus krim jamur, aglio olio hingga saus keju.

Selain ada pasta autentik atau sesuai dengan kreasi awalnya, ada juga beberapa hidangan pasta tampil berbeda. Orang-orang menyebutnya sebagai pasta fusion karena pakem pasta 'diobrak-abrik' dengan cara masak atau penggunaan bahan yang sesuai selera lokal.

Enak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal MatahEnak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal Matah Foto: Instagram pastapadang

Nah, sebelum membahas pasta fusion, ada baiknya kamu memahami lebih dulu istilah food fusion atau fusion makanan. Mengutip Nisbets (1/11/21), food fusion adalah istilah untuk bentuk masakan yang menggabungkan tradisi atau teknik kuliner yang kontras menjadi satu hidangan.

Ada berbagai jenis food fusion, termasuk yang menggabungkan makanan dari berbagai wilayah atau negara. Juga 'mash-up' atau 'food hybrid' seperti croffle yang saat ini menjadi tren makanan yang paling cepat berkembang.

Menariknya, salah satu bentuk food fusion paling tua menurut catatan sejarah adalah pasta. Banyak yang meyakini cikal bakal pasta adalah mie di China, kemudian berubah bentuk jadi pasta saat dibawa ke Italia sekitar abad ke-13.

Dalam perkembangannya, food fusion cepat populer terutama kalangan milenial. Karena mereka sangat tidak suka dengan aturan baku dan selalu mencari yang baru. Termasuk saat menikmati pasta. Maka pasta antimainstream lebih disukai.

Di Indonesia tren pasta gaya fusion sudah populer. Ini karena banyaknya pengaruh makanan asing yang mulai populer di Indonesia. Seperti spaghetti bruule yang kini jadi menu banyak restoran hingga dijual online atau di gerai khusus.

Enak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal MatahEnak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal Matah Foto: Instagram bruule

Hidangan pasta panggang ini dibuat dari spaghetti bolognese dan saus bechamel. Cita rasanya gurih creamy sehingga disukai anak-anak sampai orang dewasa.

Pasta dengan sentuhan bumbu Indonesia juga kian mudah dijumpai di banyak gerai atau restoran pasta. Salah satunya pasta matah yang pedas segar karena dibuat dengan paduan sambal matah khas Bali.

Lalu kini ada pasta dengan paduan bumbu dan masakan Minang. Gerai Pasta Padang, misalnya, menghadirkan menu angel hair dendeng balado sampai fettuccine bebek sambal hijau yang bikin penasaran.

Tren pasta fusion juga bisa terlihat dari hadirnya pasta shirataki yang menjadi alternatif pasta sehat. Shirataki lebih rendah kalori sehingga pasta dari umbi inipun digemari pelaku diet.

Satu lagi tren pasta fusion yang cukup menghebohkan di Indonesia. Kalau kamu melihat kreasi makaroni bumbu pedas, sebenarnya ini juga merupakan wujud pasta fusion.

Enak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal MatahEnak Banget! Ketika Pasta Dijodohkan dengan Rendang dan Sambal Matah Foto: Instagram mantan_idn

Macaroni yang biasanya direbus, malah digoreng sampai kering. Macaroni kemudian diberi aneka bumbu gurih dan bumbu cabai dengan level kepedasan yang bisa dipilih.

Sebenarnya bukan hanya di Indonesia, tren pasta fusion juga sudah lebih dulu hadir dan terlihat di berbagai negara di dunia. Di Barat, ada kreasi cheesy buffalo chicken pasta yang terkenal. Lalu di Asia ada spicy garlic butter pasta yang amat digemari.

Pada ulasan kali ini, detikfood bakal mengupas tuntas soal tren pasta fusion. Mulai dari yang di negara Barat, Asia dan tentu saja Indonesia.

Tak ketinggalan juga informasi soal rekomendasi tempat untuk menikmatinya. Pantau terus detikfood ya untuk mengetahui informasi lengkapnya!



Simak Video "'Pasta Padang', Ketika Bumbu Minang Kawin dengan Pasta Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Yummy! Pasta Milenial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com