Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Ini 5 Tempe Mendoan Enak di Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 01 Nov 2021 19:00 WIB
Tempe Mendoan Bagong yang Laris Manis Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Tempe mendoan khas Banyumas dinobatkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Untuk menikmatinya, kamu bisa membelinya di 5 tempe mendoan enak di Jakarta.

Tempe mendoan, jajanan tradisional khas Banyumas, Jawa Tengah berupa tempe goreng dengan balutan tepung gurih. Berbeda dengan tempe goreng biasa yang renyah, tempe mendoan memang cenderung lembek karena dimasak setengah matang.

Untuk menikmati tempe mendoan, biasanya disantap dengan cocolan sambal kecap. Cocok juga dengan cabai rawit hijau yang pedas.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada Jumat (29/10) menetapkan tempe mendoan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2021. Kini, tempe mendoan tak hanya sekadar hidangan yang lezat, tapi juga identitas masyarakat Banyumas.

Baca Juga: Sah! Mendoan Khas Banyumas Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Kelezatan tempe mendoan juga bisa ditemui di Jakarta. Ada beberapa lapak tempe mendoan yang laris manis diserbu pelanggan.

Berikut 5 tempe mendoan enak di Jakarta.

1. Tempe Mendoan & Tahu Slawi Barito

Tempe Mendoan Enak di JakartaTempe Mendoan Enak di Jakarta Foto: Getty Images/iStockphoto

Kawasan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dikenal sebagai tempat jajan yang cukup populer. Di area street food Barito, ada penjual tempe mendoan yang populer. Namanya Tempe Mendoan & Tahu Slawi Barito.

Tempe mendoan di sini menarik perhatian pelanggannya karena rasanya enak dan selalu disajikan masih hangat. Tempe yang digunakan cukup besar dengan balutan tepung yang dicampurkan daun bawang melimpah. Di sini kamu juga bisa minta tempe mendoan yang agak kering.

Paling enak menikmati tempe mendoan ini saat masih hangat. Tambahkan sambal kacang dan cabai rawit agar lebih nikmat. Harganya Rp 25.000 per porsi.

2. Mendoan Bagong

Tempe Mendoan Bagong yang Laris ManisTempe Mendoan Bagong yang Laris Manis Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Tempe mendoan yang sudah terbukti kelezatannya adalah Mendoan Bagong. Tim detikFood pernah mengunjungi lapak Mendoan Bagong di kawasan Jakarta Barat, tepatnya di depan Alfamart Jalan Palmerah Barat IX No.66, RW.10, Palmerah, Jakarta Barat. Mereka hanya berjualan menggunakan gerobak di piinggir jalan.

Eko penjual tempe mendoan ini sudah berjualan selama sekitar 6 tahunan. Setiap harinya, gerobak tempe mendoan milik Eko ini ramai dikunjungi pelanggan. Tempe mendoannya selalu disajikan hangat karena tak pernah berhenti menggoreng.

Dalam sehari, tempe mendoan ini bisa ludes 400 buah. Satu buahnya ditawarkan dengan harga Rp 3.000. Di sini kamu juga bisa meminta untuk digoreng agak kering.

Baca Juga: Hanya Dalam 4 Jam, Tempe Mendoan Bagong Ludes 400 Buah Tiap Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Tempe Mendoan Jumbo, Oleh-oleh Khas Purwokerto"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com