Jajanan Ndeso Ngangeni

Hanya Dalam 4 Jam, Tempe Mendoan Bagong Ludes 400 Buah Tiap Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 16:30 WIB
Tempe Mendoan Bagong yang Laris Manis Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Setiap hari Tempe Mendoan Bagong selalu laris diburu pembeli. Penjual bisa habiskan 400 lembar tempe dalam kurun waktu 4 jam saja.

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional, terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Walau tampilannya sederhana, tapi tempe punya banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Salah satu kreasi tempe yang populer dari Jawa Tengah adalah tempe mendoan. Makanan ini tergolong jajanan kampung populer. Banyak dijual di daerah Purbalingga, Banyumas, Purwokerto, Banjarnegara, hingga Cilacap.

Lembaran tempe tipis diberi balutan adonan tepung terigu, daun bawang, dan sejumlah bumbu. Bumbunya ada bawang putih, ketumbar, garam, dan sedikit penyedap.

Kemudian tempe yang sudah berbalut tepung tersebut digoreng dalam minyak panas. Tapi proses menggorengnya tidak sampai kering. Karena salah satu keunikan tempe mendoan ada pada adonan tepungnya yang masih basah dan lembek.

Salah satu penjual tempe mendoan yang enak di Jakarta ada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Namanya Tempe Mendoan Bagong yang setiap hari dibanjiri pembeli bahkan mereka rela antre.

Berikut beberapa fakta menarik soal Tempe Mendoan Bagong:

Baca Juga: Legitnya Bubur Madura dan Klanting Legendaris di Pasar Atom

1. Sudah Berjualan Selama 5 Tahun

Tempe Mendoan Bagong yang Laris ManisTempe Mendoan Bagong yang Laris Manis Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Walau teksturnya basah dan lembek, tempe mendoan banyak digemari. Salah satu penjualnya adalah Tempe Mendoan Bagong yang setiap harinya selalu diburu pelanggan. Bahkan banyak dari mereka rela antre demimenikmati tempe mendoan khas Purbalingga ini.

Pemiliknya merupakan pasangan suami istri Eko dan Ade. Keduanya asli dari Purbalingga, Jawa Tengah. Mengandalkan jajanan khas daerahnya, mereka mengadu nasib di Jakarta dengan berjualan tempe mendoan.

Sampai saat ini, Tempe Mendoan Bagong sudah berjualan selama kurang lebih 5 tahun. Lokasinya ada di depan Alfamart Jalan Palmerah Barat IX No.66, RW.10, Palmerah, Jakarta Barat. Mereka hanya berjualan menggunakan gerobak di piinggir jalan.

"Kalau ini sih saya sudah 5 tahun, awalnya sih nggak di sini. Dulunya di daerah Gang Salam, Rawa Belong." beber Ade, penjual Tempe Mendoan Bagong.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni