ADVERTISEMENT

Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 01 Nov 2021 11:30 WIB
Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu!
Foto: thekitchen.sync
Jakarta -

Harga yang kontroversial masih membayangi steak emas buatan Salt Bae. Kali ini seorang chef meniru steak emas tersebut yang ternyata hanya butuh modal Rp 322 ribu untuk membuatnya.

Makanan berlapis emas memiliki daya tariknya sendiri. Terkesan mewah dan mahal, lapisan emas yang dapat dimakan tersebut nyatanya justru menarik lebih banyak perhatian para konsumennya.

Seperti yang diterapkan pada restoran Nusr-Et Steakhouse atau restoran steak milik Salt Bae. Steak tomahawk berlapis emas buatannya justru menjadi menu yang paling diincar. Sayangnya menu ini menuai banyak kontroversi karena harganya disebut tak masuk akal, terlalu mahal dan tak sepadan.

Banyak keluhan yang datang dari para konsumen yang sudah mencoba hingga para konglomerat. Beberapa chef bahkan juga turun tangan ikut menyindir steak yang dibanderol mencapai Rp28 juta.

Baca juga: Saingi Salt Bae, Resto Ini Tawarkan Steak Lapis Emas yang Murah

Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu!Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu! Foto: thekitchen.sync

Seorang chef pernah menyindir steak mahal milik Salt Bae tersebut dengan pie daging babi yang sekelilingnya dilapisi lembaran emas. Mengutip Metro UK (31/10), seorang chef baru-baru ini juga meniru steak emas buatan Salt Bae dan terkejut dengan harga produksi yang ternyata jauh lebih murah.

Merasa tidak masuk akal dengan harga steak yang disajikan di restoran Salt Bae, chef ini akhirnya membuat sendiri steak berlapis emas yang mirip dengan Salt Bae. Membeli berbagai kebutuhan bahan-bahan dan perlengkapannya hingga secara online melalui website Amazon, ia terkejut dengan harga yang dibutuhkan untuk membuat steak ini..

"Setelah melihat banyak cuitan tentang tentang steak yang terlalu mahal, aku memutuskan untuk mencoba membuatnya sendiri. Aku menyiapkan akun Instagram khusus masakanku (@thekitchen.sync) pada bulan Januari awal tahun ini dan mengunggah steak versi buatanku di sana," kata George, chef asal Birmingham, Inggris.

Steak emas buatan George hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk dimasak. Saat menyajikan steak tersebut, George juga melengkapi steaknya dengan saus peppercorn, mac and cheese, salad serta ciabatta. Steak buatan George ini kemudian dipamerkan melalui akun Instagram yang sengaja dibuat oleh dirinya untuk menghibur dan membuktikan kepada netizen di media sosial bahwa makanan restoran sebenarnya tidak memerlukan biaya yang mahal untuk pembuatannya.

Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu!Tiru Steak Emas Salt Bae, Chef ini Hanya Habiskan Rp 322 Ribu! Foto: thekitchen.sync

"Aku terkejut dengan biaya yang ternyata hanya menghabiskan sekitar Rp 322 ribu untuk membeli daging dan berbagai bahan lainnya melalui website Amazon," kata George.

Ia benar-benar terkejut dengan biaya produksi steak berlapis emas yang ternyata terbilang murah bahkan tidak sampai 10% dari harga yang dibanderol di restoran Salt Bae. Hasil karya steak emasnya ini ternyata juga mendapatkan respon yang sangat baik dari para pengikutnya dan netizen di media sosial.

"Aku mendapat respon yang sangat baik untuk steak emas versi buatanku dengan banyak orang yang setuju bahwa kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk makanan yang enak," kata George.

George juga mengatakan bahwa lembaran emas yang digunakan untuk melapisi steak sebenarnya tidak menambahkan rasa maupun tekstur pada daging steak. Lembaran emas yang ditambahkan pada makanan tidak memiliki arti lain selain memberikan penampilan yang lebih indah terutama jika foto makanannya ingin dipajang di media sosial.

George bahkan juga menambahkan dirinya sama sekali tidak tertarik untuk menyambangi restoran steak milik Salt Bae dan lebih menyukai steak buatannya sendiri. Menurutnya jauh lebih penting jika orang-orang bisa mengolah makanan berstandar restoran di rumah mereka sendiri.

Baca juga: Salt Bae Kegirangan Restorannya Dikunjungi Wayne Rooney



Simak Video "Masakan Manado Halal di Serpong Ini Ludes Terjual dalam 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT