Alih Profesi, 5 Guru Ini Sukses Jadi Petani Cabai hingga Kentang

Devi Setya - detikFood Minggu, 31 Okt 2021 08:00 WIB
Karmono, Pensiunan Guru SD yang Jadi Pionir Petani Jambu Air Merah Delima Foto: detikcom/Mochamad Saifudin

2. Petani cabai

Soeharto bekerja sebagai guru sejak tahun 1977 hingga 2017. Kini setelah pensiun ia memilih untuk menjadi petani cabai. Sebelum pensiun pun Soeharto sebenarnya sudah mulai belajar bertani namun tidak fokus karena setiap pagi hingga sore mengajar di sekolah.

Pria asal Magelang ini kemudian fokus mengurus sawah cabainya setelah pensiun. Tak disangka, penghasilan dari bertani ini sangat jauh dibandingkan saat ia menjadi guru. Kini Soeharto bisa membeli rumah, mobil bahkan motor idamannya Harley Davidson yang seluruhnya tidak dapat dibeli ketika masih menjadi guru.

Keren! Sukses Bertani Cabe, Mantan Guru SD Ini Bisa Beli Motor HarleyAlih Profesi, 5 Guru Ini Sukses Jadi Petani Cabai hingga Kentang Foto: youtube capcapung

3. Petani melon


Iskandar atau akrab disapa Aby adalah mantan guru honorer di Bireun, Aceh. Kegemarannya bertani menjadikan pria ini sekarang sukses membudidayakan berbagai sayuran dan buah. Aby menanam melon, cabai merah, kembang kol bahkan jagung hitam.

Sekarang bukan hanya dikenal sebagai petani tapi Aby juga kerap diminta untuk memberikan penyuluhan seputar pertanian. Diakui Aby, penghasilan sebagai petani jauh lebih besar dibandingkan saat menjadi guru honorer.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Ramen Autentik Khas Jepang di Kawasan SCBD"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com