Inspiratif! Petani dan Peternak Ini Sukses Merintis Usaha dari Nol

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 30 Sep 2021 10:30 WIB
Mantan Manager BUMN Ini Sukses Jadi Peternak Kambing Foto: youtube capcapung
Jakarta -

Kisah menarik dan inspiratif banyak datang dari petani dan peternak yang sukses mengembangkan usahanya. Ada yang berkebun hingga usaha penggemukan kambing dan sapi.

Kegigihan dan kerja keras para petani dan peternak menjadi suatu hal yang harus diapresiasi. Merawat tanaman dan hewan-hewan ternak bukan suatu hal mudah yang bisa dilakukan dengan baik oleh banyak orang.

Perlu ketelatenan, kesabaran, hingga kegigihan yang tidak bisa dibayangkan. Merawat tanaman mulai dari bibit hingga berbunga dan berbuah lebat tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam.

Begitu pula dengan merawat hewan-hewan ternak agar tumbuh sehat dan berkembang biak dengan banyak anak. Perlu ketelitian, ketelatenan serta kesabaran untuk memberi pakan, membersihkan kandang serta memberikan perlakuan-perlakuan khusus agar hewan ternak tidak mudah stres.

Baca juga: Cerita 3 Anak Milenial yang Sukses dan Bangga Jadi Peternak Kambing

Hanya Lulusan SD, Petani Sayur Ini Sukses Raih Penghargaan DuniaFoto: youtube kementrian pertanian

Banyak sekali tokoh-tokoh petani dan peternak sukses yang begitu menginspirasi dengan kisah perjalanannya yang menarik. Mulai dari mengekspor hingga 30 ton atau bahkan membeli sebuah motor Harley.

Para petani dan peternak yang sukses ini juga bukan hanya datang dari kalangan orang dewasa yang berpengalaman saja. Beberapa dari mereka bahkan masih berusia muda dan mampu bersaing dengan petani-petani dan peternak-peternak senior.

Selain itu para petani dan peternak ini juga tidak datang dari modal yang cukup besar, melainkan merintis dari nol. Lahan yang kosong hingga indukan ternak yang hanya beberapa ekor bisa disulap menjadi lahan berhektar-hektar dan hewan ternak yang berkembang biak hingga ratusan jumlahnya.

Kisah Agung Peternak Muda yang Sukses Gemukkan Kambing dengan Pakan FermentasiFoto: YouTube Indra Palupi Channel

Kegigihan dan semangat kerja yang tidak pernah putus menjadi kunci utama bagi kesuksesan para petani dan peternak sukses ini. Bukan dari perkotaan besar atau negara-negara maju, banyak sekali petani dan peternak yang berada di desa-desa yang tersebar di Indonesia justru mampu mendunia.

Pada beberapa petani yang hanya berasal dari daerah-daerah kecil di Indonesia, bahkan banyak yang mampu memasok bahan-bahan makanan ke negara-negara di seluruh dunia. Tentunya hal ini menjadi sebuah kabar yang menggembirakan untuk kita semua.

Pada ulasan khusus kali ini, detikfood akan mengupas habis kisah-kisah menarik dan inspiratif dari para petani dan peternak yang sukses. Meneladani kisahnya hingga mengikuti perjalanan perjuangannya mulai dari awal saat semuanya masih nol.

Supaya tidak ketinggalan informasi menariknya, pantau terus ulasan detikfood ya! Kisah-kisah tentang petani dan peternak yang akan dibahas ini dijamin akan menginspirasimu.

Baca juga: Keren! Sukses Bertani Cabe, Mantan Guru SD Ini Bisa Beli Motor Harley



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com