Alih Profesi, 5 Guru Ini Sukses Jadi Petani Cabai hingga Kentang

Devi Setya - detikFood
Minggu, 31 Okt 2021 08:00 WIB
Karmono, Pensiunan Guru SD yang Jadi Pionir Petani Jambu Air Merah Delima
Foto: detikcom/Mochamad Saifudin
Jakarta -

Memiliki profesi sebagai guru adalah tugas mulia tetapi ada beberapa guru yang alih profesi menjadi petani. Para guru ini sukses jadi petani, bahkan ada yang sampai bisa beli Harley Davidson.

Banyak orang beralih profesi menjadi petani seperti halnya artis, pegawai kantoran, hingga guru. Beberapa guru terbukti sukses bertani. Mereka bisa membudidayakan berbagai tanaman seperti cabai, kentang maupun sayuran.

Penghasilan dari bertani ini pun tak main-main, ada yang pendapatannya puluhan juta per bulan bahkan ada yang bisa membeli rumah, kendaraan dan menyekolahkan anak-anaknya hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

Menjadi petani kerap dipandang sebelah mata padahal jika dilakoni dengan serius maka hasilnya akan maksimal. Beberapa guru ini memilih menjadi petani karena penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan harian.


Menjadi petani bukanlah hal yang memalukan, berikut beberapa kisah para guru yang sukses bertani:

1. Petani sayuran


Pria bernama Eduardus Edjo ini sekarang dikenal sebagai petani. Sebelumnya ia adalah guru honorer di salah satu sekolah di Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selama menjadi guru honorer di dua sekolah, pendapatannya hanya Rp 800 ribu per bulan.

Kemudian ia memutuskan untuk berhenti menjadi guru dan beralih profesi menjadi petani. Pria bergelar Sarjana Pendidikan ini memilih mundur dari profesinya sebagai guru setelah tujuh tahun mengajar namun pendapatannya tidak bisa memenuhi kebutuhan harian.

Kini setelah menjadi petani, omzet bulanannya mencapai angka Rp 10 juta. Eduardus menanam aneka sayuran dan buah. Ia juga menjadi peternak babi. Dibantu sang istri, Eduardus mengelola lahan di dekat rumahnya. Ia juga yang menanam hingga mengirim sayuran ke pasar.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]