ADVERTISEMENT

5 Tips Menata Dapur Mungil dari 'Ratu Berbenah' Marie Kondo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 31 Okt 2021 09:30 WIB
Marie Kondo
Foto: Wired
Jakarta -

Marie Kondo adalah 'ratu berbenah' profesional asal Jepang. Ia punya tips menata dan merapikan dapur mungil agar terasa nyaman dan sedap dipandang. Begini tipsnya.

Nama Marie Kondo sudah tak asing lagi untuk mereka yang gemar rapi-rapi atau berbenah. Wanita 37 tahun ini dijuluki pakar organizing sekaligus ratu berbenah.

Sejak usia 19, Marie Kondo sudah menjadi 'tukang rapi-rapi' profesional yang dibayar. Karirnya semakin menanjak setelah buku "The Life-Changing Magic of Tidying Up" yang ditulisnya terjual jutaan copy di dunia.

Lewat buku ini, Marie Kondo mengajak setiap orang untuk merapikan kekacauan di rumah sehingga bisa menciptakan kebahagiaan yang lebih. Selain itu, Marie Kondo juga memiliki acara di Netflix berjudul "Tidying Up Marie Kondo".

Mengutip Homes & Gardens (29/8/21), belum lama ini Marie Kondo memberikan sejumlah tips untuk merapikan dapur mungil. Wanita yang terkenal dengan sapaan Konmari ini juga memberikan tips yang mudah diikuti.

Berikut 5 tips menata dapur mungil dari Marie Kondo:

1. Beri pelapis dan pasang sekat di laci dapur

Terbatasnya luas area dapur sebenarnya bukan masalah. Menurut Marie Kondo, hal terpenting dari dapur adalah menjadikan area masak ini mudah dibersihkan. "Dapur yang gampang dibersihkan membuat kita makin nyaman memasak di dalamnya," kata Marie Kondo.

Cara paling mudah adalah dengan menambahkan pelapis ke rak-rak dapur. "Selain membuatnya terlihat lebih bersih, pelapis ini juga memudahkan proses membersihkan," ujarnya. Pelapis yang dimaksud adalah drawer liner kitchen yang memang khusus dibuat untuk di dapur. Motifnya beragam dengan karakteristik bahan yang mudah dibersihkan.

Ia juga menyarankan menaruh sekat atau pembagi di dalam laci dapur. Hal ini membuat proses merapikan dapur lebih mudah. Marie berujar, "Laci akan terlihat lebih teratur, dan barang-barang akan memiliki tempat khusus untuk disimpan setelah digunakan."

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT