5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 14 Jan 2019 08:47 WIB
Foto: Wired Foto: Wired
Jakarta - Marie Kondo terkenal sebagai pakar organizing dari Jepang. Ia punya beberapa tips untuk membuat dapur jadi lebih rapih dan bikin nyaman.

Segala hal berbau kerapihan sangat lekat dengan Marie Kondo. Pakar organizing ini menulis buku 'the life-changing magic of tidying up' yang jadi New York Times Best Seller dan sudah terjual lebih dari 2 juta copy di seluruh dunia.

Marie yang kini membintangi serial baru di Netflix, 'Tidying Up With Marie Kondo,' juga punya tips untuk merapihkan dapur. Selain membuat dapur nampak bersih, Anda dijamin juga lebih betah. Seperti apa tipsnya yang ia bagikan di Instagram?

Baca Juga: Agar Mudah Rapihkan Dapur, Ikuti Nih 4 Tips Ini

1. 'Detoks' dapur

5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo, Coba Yuk!Foto: Istimewa

Foto: Instagram @sparkjoybayarea
"Ketika kita mengurangi apa yang kita punya dan 'detoks' rumah kita, hal ini juga memberi efek 'detoks' pada tubuh kita," tulis Marie. Dikutip dari Paste Magazine (10/1), Marie sarankan menempatkan bahan makanan seperti bumbu dapur di wadah kaca. Cara ini langsung menciptakan kesan rapih dan membuat Anda tak sulit mencari saat membutuhkannya.

2. Buat sederhana
5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo, Coba Yuk!Foto: Istimewa
Foto: Instagram @adroitinteriors
Marie juga berujar, "Rahasia mempertahankan ruang yang tidak berantakan adalah dengan menciptakan kesederhanaan dalam hal penyimpanan. Dengan begini, Anda bisa tahu seberapa banyak yang Anda miliki." Marie menjelaskan agar tidak terjebak nostalgia pada barang-barang yang Anda punya di dapur. Kalau memang blender dari Nenek, misalnya, sudah tak dibutuhkan, Anda disarankan menyingkirkannya.

3. Harus bisa terlihat semua
5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo, Coba Yuk!Foto: Istimewa
Foto: Instagram @sophiecarpenter
Indikator mudah untuk menilai dapur rapih atau tidak adalah dengan kemudahan melihat barang-barang yang ada di dalamnya. "Ketika Anda memandangi rak dapur, Anda harus bisa mengetahui di mana semuanya berada," tulis Marie.

4. Bersihkan area dekat cucian piring
5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo, Coba Yuk!Foto: Istimewa
Foto: Instagram @kdiondesign
Marie suka melihat cahaya terang yang menyinari ruangan dapur. Sebagai tips utama merapihkan dapur, ia berujar, "Tips saya untuk menjaga dapur tetap rapih adalah simpan barang sebanyak mungkin, dan terutama biarkan area sekitar tempat cuci piring tetap bersih. Cara ini membuat ritual bersih-bersih sayuran jadi lebih mudah."

5. Singkirkan barang yang tak terpakai
5 Tips Sederhana Rapihkan Dapur dari Marie Kondo, Coba Yuk!Foto: Istimewa
Foto: Instagram @housesevendesign
"Saya sering ditanya di mana kami menyembunyikan semua barang kami. Saya pikir, jika Anda menghilangkan "barang" yang Anda tidak perlu menyembunyikannya," kata Marie. Ia mencontohkan keadaan dirinya sendiri. "Saya dulu memiliki 6 wadah pie dan sekarang saya memiliki 2. Saya tidak akan pernah memanggang 6 pie pada saat yang sama ... tidak pernah!"

Baca Juga: Rapikan Dapur dengan Menyingkirkan Barang-barang Ini

(adr/odi)