Agar Mudah Rapihkan Dapur, Ikuti Nih 4 Tips Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 18 Feb 2018 17:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Lagi libur, sebaiknya manfaatkan untuk merapihkan dapur. Agar tak bosan dan memberatkan, coba nih 4 tips merapihkan dapur ini.

Membersihkan dapur memang memerlukan waktu yang agak lama. Supaya lebih cepat, ada beberapa trik yang harus Anda lakukan.

Dapur yang bersih bisa juga menjaga keluarga Anda dari penyakit. Dengan membersihkan dapur secara rutin, bakteripun tentu akan hilang.

Baca juga: Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!

Agar Mudah Rapihkan Dapur, Ikuti Nih 4 Tips IniFoto: iStock

1. Bersihkan permukaan dapur

Hal ini perlu Anda dilakukan setiap hari. Wastafel, mesin pencuci piring atau tumpukan piring kotor harus dibersihkan secara rutin. Jika Anda melakukan hal ini setiap hari tentu lebih mudah membersihkan dapur ketika akan datang tamu atau Anda ingin memasak.

2. Luangkan waktu

Setelah masak, lagi-lagi Anda perlu membersihkan remahan-remahan sisa makanan di bawah kompor. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan oven atau microwave denagn kain setelah digunakan. Jika kotoran minyak minyak ataupun tepung yang menempel terlalu tebal akan lebih sulit membersihkannya.

Agar Mudah Rapihkan Dapur, Ikuti Nih 4 Tips IniFoto: iStock

3. Jangan menunda

Biasakan untuk tidak menunda waktu pembersihan di dapur. Ketika ada remahan atau kotoran sebaiknya langsung segera di bersihkan. Sehingga Anda cukup menyapu bagian bawah dan mengepel lantai untuk meminimalisir waktu. Dapurpun akan kembali bersih dan bebas bakteri.

4. Mencuci piring setelah makan

Setelah makan, usahakan jangan menumpuk piring. Kebiasaan ini bisa membuat dapur Anda terlihat sangat kotor. Jika tak ada waktu, lakukan pencucian piring sebelum tidur. Sehingga ketika pagi hari ungin memasak, semua perabotan sudah bersih dan siap digunakan.

Baca juga: Inilah 5 Bagian di Dapur yang Harus Anda Bersihkan Tiap Hari

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com