Rapikan Dapur dengan Menyingkirkan Barang-barang Ini (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Jul 2016 11:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Dapur berantakan tentu tak enak dilihat. Ada baiknya Anda merapihkan dapur dengan menyortir kembali barang yang masih diperlukan.

Nonnahs Driskill dari 'Get Organized Already' menyarankan beberapa barang yang sebaiknya dibuang agar dapur terlihat rapih. Seperti makanan kalengan yang sudah kedaluwarsa hingga tumpukan kantung plastik bekas belanja di supermarket.

9. Food Processor

Food processor kini terdiri dari banyak jenis dan memiliki fungsi spesifik. Seperti alat pembuat pasta, margarita, hingga hot chocolate. Jika alat tersebut menyita tempat dan digunakan kurang dari 4 kali dalam setahun, sebaiknya disisihkan.

10. Pisau dapur

Tak perlu mengoleksi semua jenis pisau dapur karena seseorang hanya menggunakan 3-5 pisau saja. Pisau khusus seperti pisau bergerigi atau pisau chef biasanya jarang digunakan.

11. Makanan kalengan

Makanan kalengan biasanya dibeli dalam jumlah banyak. Tak hanya membuang yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, sebaiknya buang makanan kalengan yang mencurigakan. Seperti yang sudah berkarat atau permukaannya penyok.

12. Buku resep yang jarang digunakan

Buku resep yang sudah dimiliki lebih dari setahun dan tidak pernah digunakan sebaiknya dijual kembali. Anda juga bisa memindahkan buku ini ke rak buku atau menggunakannya kembali sebagai buku di coffee table.

13. Catatan di pintu kulkas

Pintu kulkas kerap dijadikan tempat menaruh catatan seperti to-do-list harian, formulir yang harus diisi, hingga resep yang akan dibuat. Agar tetap rapih, buang catatan yang sudah tidak digunakan. Cara lebih baik adalah dengan tidak menjadikan kulkas sebagai tempat menaruh catatan.

14. Resep

Jika Anda kerap menyimpan potongan halaman resep dari majalah atau koran namun tidak pernah mempraktekkannya, segera buang resep tersebut.

15. Botol air

Tak perlu menyimpan banyak botol air di dapur. Orang hanya perlu membutuhkan 1-2 botol air. Sisanya, segera buang botol air yang tidak diperlukan agar tidak memenuhi ruangan. (lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com