6 Minuman Ini Perkuat Imun Tubuh, Cocok Dinikmati Saat Cuaca Dingin

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Okt 2021 06:00 WIB
6 Minuman Ini Perkuat Imun Tubuh, Cocok Dinikmati Saat Cuaca Dingin Foto: Getty Images/iStockphoto/piotrszczepanekfotoart
Jakarta -

Cuaca dingin kerap membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk tetap sehat dan bugar, ada minuman dari bahan alami yang melancarkan metabolisme saat cuaca sedang dingin.

Ketika cuaca sedang dingin, tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk tetap merasa hangat. Saat cuaca sedang dingin juga tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi untuk meningkatkan metabolisme. Ketika metabolisme tubuh berjalan lancar maka tubuh akan tetap segar di segala kondisi cuaca.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah memastikan tubuh tetap merasa kenyang dengan mengasup makanan bernutrisi. Selain menyantap makanan dalam porsi cukup, kamu juga bisa mengandalkan aneka minuman yang berefek menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Dilansir dari Food NDTV (29/10) konsumsi minuman detoks bisa menjadi solusi. Minuman detoks tidak hanya membantu mengeluarkan racun dari tubuh, tetapi juga membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, memperlancar pencernaan, bertindak sebagai pencahar, dan juga menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Berikut beberapa minuman yang bisa melancarkan metabolisme tubuh selama cuaca dingin:

1. Jus buah delima dan bit

Paduan buah delima dan bit mampu menjadi minuman yang bisa membersihkan racun dalam tubuh. Buah delima memiliki sifat detoksifikasi ketika dikonsumsi secara rutin. Demikian juga dengan bit yang dikenal dengan segudang manfaat sehatnya.

Selain campuran buah delima dan bit, jus ini juga bisa ditambahkan lidah buaya yang berkhasiat meningkatkan kekebalan sistem imun. Untuk membuatnya cukup mudah, ambil satu butir buah delima dan satu butir bit. Blender hingga halus lalu tambahkan madu sebagai pemanis alami dan potongan lidah buaya.

Nikmati dengan tambahan sedikit es batu agar sensasinya menyegarkan. Jus ini bisa dinikmati siang ataupun sore hari.

2. Jus jeruk, wortel dan jahe

Jeruk merupakan salah satu buah yang tinggi vitamin C dan antioksidan, sementara wortel mengandung betakaroten dan serat berlimpah. Dua bahan ini jika dipadukan akan memberi manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga berat badan.

Ditambah lagi dengan jahe yang merupakan obat herbal alami untuk berbagai masalah pencernaan seperti kembung, dan kram perut. Rasa jahe yang pedas hangat juga turut membuat tubuh merasa lebih hangat dan nyaman.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya