5 Makanan dan Minuman Ini Dicampur Tolak Angin, Ada Steak hingga Kopi

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 29 Okt 2021 17:30 WIB
Makanan dan Minuman dengan Campuran Tolak Angin Foto: Instagram @dimsthemeatguy
Jakarta -

Tolak Angin biasanya dikonsumsi sebagai obat, namun banyak juga yang menjadikannya sebagai campuran dan makanan. Seperti digunakan untuk bumbu steak dan kopi.

Saat tubuh sedang masuk angin, biasanya orang Indonesia mengonsumsi obat. Salah satu yang terkenal adalah Tolak Angin. Obat herbal dalam bentuk kemasan yang dapat meredakan mual, masuk angin, hingga pegal-pegal.

Dikenal ampuh mengobati penyakit, namun banyak juga yang menggunakan Tolak Angin sebagai campuran pada makanan dan minuman. Seperti Dims the Meat Guy yang baru saja mengunggah video memasak steak dengan bumbu Tolak Angin. Ada juga es kopi susu yang dicampurkan Tolak Angin hingga menu ayam geprek dari sebuah gerai restoran.

Berikut 5 makanan dan minuman yang dicampurkan Tolak Angin.

1. Dessert Taiwan

Makanan dan Minuman dengan Campuran Tolak AnginMakanan dan Minuman dengan Campuran Tolak Angin Foto: Instagram Hong Tang

Dessert khas Taiwan biasanya berisikan semangkuk aneka jelly, mutiara boba, hingga es krim yang menyegarkan. Dessert satu ini juga populer di Indonesia. Salah satu gerai yang menawarkan dessert Taiwan pernah memiliki kreasi unik.

Mereka menawarkan dessert Taiwan dengan campuran Tolak Angin. Ada 3 varian yang mereka tawarkan yaitu dicampurkan pada menu signature, favorite, dan classic.

Segelas dessert Taiwan itu berisikan mutiara boba, aneka jelly, mochi, kacang merah, hingga satu scoop es krim. Kemudian, tolak angin dituangkan di atasnya.

2. Es Krim

Makanan dan Minuman dengan Campuran Tolak AnginMakanan dan Minuman dengan Campuran Tolak Angin Foto: dok. Hotel Tentrem Yogyakarta

Es krim juga salah satu dessert yang banyak digemari orang Indonesia. Varian rasa yang ditawarkan juga sangat beragam, tak hanya vanila atau cokelat. Bahkan, beberapa gerai es krim atau gelato berlomba-lomba menawarkan varian rasa unik.

Seperti es krim rasa Tolak Angin yang sempat menghebohkan pada tahun 2014 lalu. Saat itu dikenalkan oleh Hotel Tentrem yang berada di Yogyakarta. Es krim Tolak Angin tersebut memiliki warna yang agak kecokelatan.

Aroma dan sensasi 'semriwing' dari Tolak Angin juga sangat terasa. Tak hanya Hotel Tentrem saja yang pernah menyediakan menu itu, beberapa gerai gelato ternama juga menghadirkan varian rasa Tolak Angin. Seperti Ron's Laboratory dan Cold Stone.

Baca Juga: Wah, Kini Ada Es Krim Rasa Tolak Angin di Australia!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Steak Enak dengan Harga di Bawah Rp 100 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com