Ini 5 Martabak Sultan yang Harganya Mahal Bikin Meringis Tapi Enak!

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 29 Okt 2021 19:00 WIB
Ini 5 Martabak Sultan yang Harganya Mahal Bikin Meringis Tapi Enak!
Foto: Instagram/Visual
Jakarta -

Martabak jadi makanan kaki lima yang populer. Meski identik dengan makanan murah, tapi banyak martabak kelas sultan yang harganya bikin dompet tipis.

Populer di Singapura, Brunei, Malaysia dan tentunya Indonesia. Martabak ini semakin terdepan dengan berbagai jenis dan varian kekinian yang datang silih berganti.

Mirip seperti pizza bagi orang Italia. Martabak juga jadi menu makanan yang tak pernah ketinggalan jaman bagi orang Indonesia. Mudah sekali untuk menemukan martabak di setiap kota atau daerah.

Mulai dari martabak kelas gerobak, sampai martabak kekinian level restoran semuanya ada. Tak ketinggalan juga martabak kelas sultan, disebut sultan karena harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Meski mahal tapi martabak-martabak ini sebanding dengan kualitas dan rasanya yang enak.

Berikut 5 martabak sultan yang bikin dompet tipis tapi sebanding dengan rasa enaknya.

Baca Juga: 5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering


1. Martabak Sinar Bulan Muara Karang

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangManis Legit Martabak Foto: dok. detikFood

Paling terkenal di daerah Muara Karang, Jakarta Utara. Tempat martabak legendaris ini selalu dipadati pelanggan setianya setiap sore. Martabak yang satu ini terkenal dengan menu martabak manis, atau martabak terang bulannya yang enak.

Berbeda dari martabak manis lainnya, di sini topping dan olesan menteganya melimpah ruah. Teksturnya sangat tebal dan lembut, mirip seperti makan bolu gulung yang 'fluffy'.

Isiannya terbilang klasik hanya ada keju, kacang cokelat, cokelat wijen, keju kering dan martabak polos. Tapi kisaran harganya bikin melongo, untuk martabak keju komplit harganya Rp 170.000. Sementara untuk martabak polos tanpa topping apapun harganya di angka Rp 95.000.

2. Martabak Bandung Raya

Ini 5 Martabak Sultan yang Harganya Mahal Bikin Meringis Tapi Enak!Ini 5 Martabak Sultan yang Harganya Mahal Bikin Meringis Tapi Enak! Foto: Instagram/Visual

Jadi salah satu yang paling terkenal di Jakarta Selatan, Martabak Bandung Raya di Fatmawati ini buka selama 24 jam. Konsepnya sudah merangkap restoran yang menyajikan berbagai makanan enak, dan bukan menjual martabak saja.

Tapi tentunya di sini menu andalannya ada martabak manis dan martabak telur. Karena ukurannya yang besar, dan isian daging hingga toppingnya yang tak pelit kisaran harga martabak di sini menyentuh angka Rp 100.000.

Menu yang paling enak ada martabak telor daging dengan pilihan telor ayam kampung, seporsi harganya Rp 120.000. Begitu juga dengan menu martabak manisnya yang menggunakan topping Ovomaltine dan keju kacang, harganya Rp 150.000 per porsi.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]