5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 21 Sep 2021 18:30 WIB
Ayam goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Selain restoran Padang yang bikin kantong jebol. Ada tempat makan ayam goreng tradisional, yang harganya selangit dan bikin dompet kering. Meskipun jaminan rasa pasti enak.

Mudah ditemukan di mana-mana, popularitas ayam goreng di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Hampir semua tempat makan, kafe, restoran hingga penjual kaki lima menjual menu ayam goreng atau olahan ayam lainnya.

Harganya juga terjangkau, kisaran Rp 15.000 saja per potong. Atau sekitar Rp 55.000 per ekor. Tapi banyak juga restoran ayam goreng terkenal yang disebut paling mahal di Jakarta. Karena kisaran harga ayam goreng di sini bisa mencapai Rp 150.000 per ekornya.

Berikut lima tempat makan ayam goreng termahal di Jakarta yang bikin dompet kering.

Baca Juga: Wow! Tagihan Makan Tahu Gejrot dan Nasi Sambal Setan Capai Rp 106 Juta


1. Ayam Goreng Ny. Suharti

5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering Foto: Site Restaurant/Pinterest

Berdiri sejak tahun 1972, tempat makan ayam goreng legendaris ini pertama kali buka di Yogyakarta kemudian populer di Jakarta. Di sini terkenal menyajikan ayam goreng gaya Jawa, yang lengkap dengan kremesan dan sambal ulek yang khas.

Di sini spesialis menggunakan ayam kampung, wajar saja harganya terbilang lebih mahal dibandingkan ayam goreng lainnya. Untuk satu ekor ayam goreng utuh lengkap dengan kremesan dan sambal, harganya sekitar Rp 138.000 belum termasuk dengan nasi putih.

Kalau mau beli satuan di sini tidak bisa, hanya tersedia menu ayam goreng setengah ekor yaitu Rp 70.000. Selain menu di atas, menu pelengkap lainnya juga terbilang mahal. Seperti cah kangkung seharga Rp 38.000, kremesan ayam seharga Rp 58.000 hingga tambahan lalapan dan sambel saja harus tambah Rp 21.000.


2. Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Umi

5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering5 Ayam Goreng Tradisional Paling Mahal di Jakarta, Bikin Dompet Kering Foto: Site Restaurant/Pinterest

Sama eksis dan populernya seperti ayam goreng buatan Ny. Suharti. Ada Ayam Goreng Mbok Berek Ny. Umi yang eksis sejak tahun 1970an. Bermula dari warug makan sederhana di Yogyakarta, Ny. Umi berhasil mengembangkan bisnisnya dan merambah ke Jakarta.

Menu yang ditawarkan juga tidak neko-neko. Yaitu ayam goreng kampung dengan kremesan dan sambal terasi. Selogannya juga tetap sama yaitu 'ayam desa masuk kota'. Kini harga satu ekor ayam goreng khas Mbok Berek sekitar Rp 115.000.

Tersedia juga menu ayam setengah ekor seharga Rp 61.500, dan ayam potongan seharga Rp 32.5000. Untuk menu tambahannya ada sambal goreng krecek seharga Rp 32.500, kemudian pepes ikan mas seharga Rp 65.000. Tak ketinggalan ati ampela seharga Rp 50.000.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Bakar Viral Ala Serial Upin Ipin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com