ADVERTISEMENT

7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran

Devi Setya - detikFood
Kamis, 28 Okt 2021 16:30 WIB
7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran
Foto: Brightside
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang dulu dianggap makanan orang miskin dan harganya murah. Tapi sekarang justru disajikan sebagai makanan mahal di restoran berkelas.

Ada makanan yang sudah ditemukan sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Beberapa makanan memiliki label sebagai makanan murah dan makanan orang miskin. Tapi label ini ternyata tidak berlaku selamanya, kini beberapa makanan yang diklaim makanan murah justru jadi makanan yang dibanderol dengan harga tinggi.

Tak banyak yang tahu kalau dahulu pizza merupakan makanan sederhana dari desa. Hidangan ini kemudian populer dan mendunia sejak Ratu Margherita, Ratu Italia kedua meminta koki kerajaan memasaknya. Kemudian ada ikan buntal yang dahulu dihindari karena beracun tapi sekarang jadi hidangan mahal di restoran spesialis.

Dilansir dari Bright Side (28/10) berikut beberapa makanan yang dahulu murah tapi sekarang jadi mahal dan disajikan di restoran:

1. Pizza

Pizza tradisional ala Italia sebenarnya terdiri dari bahan-bahan sederhana, seperti minyak zaitun, tomat, rempah-rempah, dan kulit pizza yang tebal. Tidak ada daging atau sumber protein hewani yang menjadi topping pizza autentik.

Tapi semua berubah ketika Ratu Margherita, Ratu Italia kedua mencoba menyantap pizza. Suatu hari, dia ingin mencoba hidangan sederhana, jadi juru masaknya membuat pizza dengan bahan-bahan yang menyerupai warna bendera Italia. Sang Ratu terkesan dengan hidangan itu, kemudian pizza ini disebut sebagai pizza Margherita yang kemudian terkenal sebagai salah satu makanan khas Italia.

Kini pizza tersedia di banyak restoran, termasuk pizza mewah yang dibanderol dengan harga mahal. Di Proper Pizza NZ, sebuah restoran di Selandia Baru menyajikan pizza dengan bahan yang tidak biasa, seperti black truffle. A Pizza da Mooca, sebuah restoran di Brasil, memikat para tamunya dengan pizza mewah yang lezat, cantik, dan sangat mahal.

7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran Foto: Brightside

2. Ikan buntal

Dahulu tidak ada yang mau makan ikan buntal karena memiliki resiko kematian. Ikan seukuran telapak tangan ini adalah legenda pada masakan Jepang. Ikan ini menjadi bagian dari budaya makan masyarakat Jepang.

Ikan buntal mengandung racun mematikan yang dikenal dengan nama tetrodotoxin. Orang Jepang kuno mengetahui rahasia khusus dan cara memasak ikan buntal. Tapi kini ikan buntal dibanderol dengan harga mahal. Bahkan hanya chef bersertifikat saja yang boleh dan menyajikan ikan buntal.

3. Sushi

Sushi dahulu adalah makanan para nelayan di Jepang. Nelayan yang tidak berhasil menjual ikannya akan menyantap ikan hasil tangkapannya ini. Bisa disebut sushi sebagai makanan para nelayan malang.

Harga sushi meningkat secara dramatis di pertengahan abad ke-20. Ada anggapan bahwa hal ini terjadi karena Jepang menjadi negara yang lebih dikenal dunia. Popularitas sushi pun ikut melonjak seiring dengan klaim bahwa sushi makanan sehat.

7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran7 Makanan Ini Dulu Murah, Kini Jadi Makanan Mahal yang Disajikan di Restoran Foto: Brightside

4. Sup bawang Prancis

Selama berabad-abad, sup bawang bombay (onion soup) dianggap sebagai makanan untuk orang miskin, sampai akhirnya Louis XV memutuskan untuk memasak sup bawang dan menikmatinya dengan segelas champagne.


Namun menurut Alexander Dumas, raja Polandia, Stanislaw, sangat menyukai sup bawang yang ia coba dalam perjalanannya ke Versailles. Dia bahkan meminta resepnya kepada juru masak dan kemudian membagikannya kepada rekannya, Raja Prancis. Tentu saja, sejak saat itu harga sup bawang menjadi mahal bahkan jadi santapan para raja.

5. Tiramisu

Penggemar cake manis beraroma keju dan bubuk cokelat pasti hafal dengan lezatnya tiramisu. Kue yang dibuat dengan perpaduan telur, keju mascarpone, biskuit lady finger dan kopi ini dulunya sama sekali tidak dilirik sebagai dessert.

Kue ini diperkirakan dibuat pertama kali di Treviso pada tahun 1970. Awal mula tiramisu tercipta adalah dari minuman yang dibuat menggunakan kuning telur kocok yang dicampur dengan gula. Dahulu racikan ini disajikan sebagai minuman energi bagi para pekerja dan buruh angkut.

6. Salmon


Sejak dahulu, salmon sudah jadi makanan masyarakat di perairan Skotlandia. Orang-orang miskin di sana menyantap salmon sebagai makanan karena ikan ini mudah didapat.

Siapa sangka, kini salmon termasuk jenis ikan yang dianggap lezat, mahal, dan bergizi tinggi. Bahkan salmon saat ini lebih berkelas dan dianggap mewah dibandingkan dengan jenis seafood lainnya. Salmon pun kini tersaji sebagai hidangan istimewa di restoran mahal.

7. Pasta

Pasta dengan sayuran, keju, dan bawang putih dahulu jadi makanan orang Italia yang miskin dan kelaparan. Mereka makan pasta dengan tangan kosong karena peralatan makan tidak tersedia untuk orang miskin pada waktu itu.

Hidangan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari menu Italia di abad ke-16. Saat pabrik pasta pertama dibuka di Italia, semua berubah. Pasta kemudian dianggap sebagai salah satu hidangan nasional. Saat ini pun pasta banyak tersaji sebagai makanan istimewa dengan campuran berbagai bahan mahal seperti truffle dan tiram.



Simak Video "Steak Kelas Hotel Bintang Lima, Harga Kaki Lima"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT