Viral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa Sunda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 16:00 WIB
Viral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa Sunda Foto: YouTube Petualangan Alam Desaku
Jakarta -

Tukang ikan di Pangandaran ini bukanlah warga lokal. Ia adalah Michael, bule asal Swiss yang sigap melayani pembeli, bahkan belanja ikan sendiri. Begini kisahnya.

Tak sedikit Warga Negara Asing (WNA) yang jatuh cinta dengan Indonesia hingga akhirnya pilih menetap di tanah air. Salah satunya Michael, bule asal Swiss yang kini tinggal di Kampung Golempang, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Mengutip YouTube Petualangan Alam Desaku (19/10/21) atas seizin pemilik akun, terlihat aktivitas sehari-hari Michael sebagai tukang ikan. Sang YouTuber, Jerry Orca juga mengikuti keseharian Michael.

Pagi-pagi, ia bergegas menuju tempat penjualan ikan segar langganan yang berjarak 15 km dari rumahnya. "Belanja sedikit masih pandemi (Covid-19)," katanya.

Ia memilih sendiri ikan air tawar yang ada di kolam. Terlihat ikannya besar-besar dan masih sangat segar. Michael putuskan membeli 50 kg ikan segar.

Viral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa SundaViral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa Sunda Foto: YouTube Petualangan Alam Desaku

Setelahnya ia sempatkan sarapan roti dan minum kopi. "Sarapan roti biar nggak lupa bahasa Inggris," ujarnya berseloroh dalam bahasa Sunda.

Baca Juga: Laris Manis! 5 Bule Ini Jadi Penjual Es Pisang Ijo dan Takoyaki

Seluruh ikan belanjaannya ditaruh di kantong plastik besar yang sudah diisi oksigen. Selanjutnya ia menyusun kantong-kantong itu di sisi kanan dan kiri motornya.

Michael sudah terbiasa dengan seluruh pekerjaan ini. Terlihat tidak sulit baginya memastikan kantong-kantong ikan tidak jatuh nantinya meski 6 kantong ikan disusun berjejalan.

Viral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa SundaViral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa Sunda Foto: YouTube Petualangan Alam Desaku

Sempat mengalami kendala, motor Michael mogok di perjalanan pulang. "Biasanya nggak pernah (mogok). Malu dia divideo (YouTube)," katanya. Beruntung di dekat lokasi mogok, ada bengkel yang bisa memperbaiki motor andalan bule Swiss imi.

Sesampainya di rumah, Michael menunggu para pembeli berdatangan. Ia juga melayani sendiri pembeli yang mau beli ikan bakar ataupun ikan mentah di lapak mungil miliknya.

Jika pembeli meminta ikan segar untuk dibersihkan, Michael juga sanggup melakukannya. Ia terlihat cekatan membersihkan sisik ikan menggunakan sendok. "Enak pakai sendok mah. Kalau pake pisau licin," pungkasnya.

Viral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa SundaViral Bule Swiss Jadi Tukang Ikan di Pangandaran, Jago Bahasa Sunda Foto: YouTube Petualangan Alam Desaku

Sebelum Michael, kisah bule jualan makanan di Yogyakarta juga pernah viral. Adalah Charlotte Peeters asal Belanda yang menjual mie ayam enak seharga Rp 7 ribu saja per porsi.

Tinggal 15 tahun di Indonesia membuat wanita dengan sapaan akrab Charly ini sudah melokal. Ia fasih berbahasa Jawa dan bahkan senang dipanggil 'mbak'.

"Dari dulu pengen buka sesuatu (bisnis) kuliner nah karena suami suka bakso dan saya suka mie ayam jadi cocok dan akhirnya membuat keputusan membuka warung mie ayam. Artinya mulai dari situ," kata Charly pada awal Januari 2021. Sebelumnya ia dan suami menggeluti bisnis di bidang pariwisata, namun terkena dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Viral Bule Jualan Mie Ayam di Yogyakarta, Ini Kisahnya



Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com