Food Space Kekinian

Makan dan Nongkrong di Tempat Terbuka Jadi Populer Saat Pandemi

Sonia Basoni - detikFood Senin, 25 Okt 2021 19:00 WIB
Yuk! Ngemil Waffle hingga Minum Es Kopi di Kumulo yang Kekinian Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Food Space Kekinian
Jakarta -

Populer saat pandemi, tempat makan di ruang terbuka kini semakin banyak ditemui di Jakarta dan sekitarnya. Konsepnya tentu saja semakin beragam dan kekinian.

Konsep food space atau food park,kini semakin populer di Indonesia. Ini karena masa pandemi dengan adanya PPKM. Konsep menggabungkan beberapa gerai makanan di dalam satu ruang terbuka ini jadi solusi. Makanya kian banyak area makan outdoor dengan beragam konsep.

Sebenarnya tempat makan di ruang terbuka ini sudah ada sejak dulu. Konsepnya serupa dengan pujasera atau foodcourt atau taman jajan. Hanya saja pujasera lebih tradisional dan makanan yang disajikan lebih ke makanan kaki lima.

Sementara foodcourt lebih fokus menyajikan makanan-makanan di dalam gedung mall atau kantor. Konsepnya sederhana. Tanpa memikirkan interior dan alur pengunjung.

Terbaru! Di Cove at Batavia Bisa Kulineran dan Hangout dengan Suasana SingapuraTerbaru! Di Cove at Batavia Bisa Kulineran dan Hangout dengan Suasana Singapura Foto: detikFood/Devi S. Lestari


Namun di setiap food park atau food space, orang-orang akan dimanjakan dengan kedua aspek ini. Mereka bisa bersantai dengan menikmati desain interior hingga tempat makan kekinian.

Lengkap dengan aneka tenant atau gerai-gerai makanan modern dan tradisional yang dipadukan dalam satu ruang terbuka. Dilansir dari BusinessWorld (25/10), food park dan food space ini bukan lagi konsep yang baru dalam industri kuliner.

Di Amerika dan Eropa konsep ini sudah dulu lebih populer. Banyak ruang terbuka seperti taman hingga bangunan kuno yang mereka gunakan untuk menjual berbagai makanan.

Urban FarmUrban Farm Foto: Hestianingsih/Wolipop

Baru di pertengahan tahun 2000-an, konsep ini mulai di adaptasi oleh beberapa negara di Asia dan Asia Tenggara. Seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Nah, di Jakarta dan sekitarnya sendiri kini tak sulit mencari tempat makan enak yang berada di ruang terbuka. Konsep dan temanya juga beragam.

Misalnya di M Bloc Space dan Pos Bloc, yang berdiri di atas gedung bersejarah Percetakan Uang Republik Indonesia dan Pos Bloc yang ada di Gedung Filateli eks Gedung Kantor Pos era Hindia Belanda.

Makanan Halal di Pantjoran PIKMakanan Halal di Pantjoran PIK Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Di dua tempat ini, pengunjung bisa bersantai dan mencicipi aneka makanan, es krim, pizza, hingga nastar sambil berkeliling bangunan tua bersejarah.

Kemudian ada juga food space hits di Jakarta, dengan tema pecinan yang ada di daerah Glodok. Dikenal dengan nama Petak Enam di area Chandranaya. Di sini pengunjung serasa di bawa kembali ke Glodok tempo dulu dalam nuansa modern.

Ada banyak tempat makan yang berada di lantai satu dan dua bangunan bersejarah ini. Mau makan berat atau ngemil semuanya ada. Mulai dari makanan barat kekinian seperti burger, sampai ngemil kwotie hingga cempedak goreng legendaris bisa ditemukan di sini.

Pizzza DealerPeslapas Foto: dok. detikFood

Tak ketinggalan hingga di sana, konsep food park juga banyak diterapkan di Jakarta. Kali ini tempat makan disandingkan dengan taman terbuka yang pet-friendly atau bisa membawa hewan peliharaan. Seperti Como Park di Kemang hingga Tribeca Park di Tanjung Duren.

Belum lagi di daerah PIK dan BSD. Ada banyak food space dan food park yang bermunculan dan selalu dipadati pengunjung seperti Cove at Batavia hingga Urban Farm.

Di ulasan minggu ini detikFood akan membahas tentang spot seru kulineran di ruang terbuka di Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari food space elite dan mewah di Hublife dan ASTHA, sampai food space yang murah merakyat di Menteng Hawkers hingga Food Lab. Pantau terus liputannya di detikfood ya!



Simak Video "Jajan Sambil Hangout Asyik di Pos Bloc, Ada Apa Saja Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Food Space Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com