Surga Makanan di Jakarta Utara

Urban Farm PIK, Tempat Hangout Seru di Tengah Kebun Sayur

Devi Setya - detikFood Kamis, 10 Des 2020 17:30 WIB
Urban Farm PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Siapa bilang di Jakarta tak bisa santai makan di tengah kebun? Kamu bisa datang ke Urban Farm di PIK yang bisa jadi tempat hangout di tengah kebun sayur dan buah.

Berlokasi di Pulau Maju, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, kamu bisa merasakan sensasi seperti sedang liburan. Di sini kamu tidak akan merasa seperti di Jakarta karena suasanya mirip di Bali.

Kawasan Urban Farm PIK ini menawarkan konsep makan di tengah perkebunan sayur dan buah. Diresmikan pada 20 November 2020, kawasan kuliner ini berhasil menarik perhatian.

Urban Farm PIKUrban Farm PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Irwan S. Haris selaku Marketing communication & commercial manager mall div 2 Agung Sedayu Group mengatakan ide urban farm ini merupakan ide dari Natalia yang tak lain adalah CEO mall dan hotel div 2 Agung Sedayu Group. Natalia merasa awalnya kawasan Pulau Maju PIK ini masih minim penghijauan.

Hingga akhirnya ia membangun kawasan Urban Farm PIK yang diisi berbagai tanaman. Di kebun ini terdapat aneka tanaman sayur, buah hingga rempah.

Kamu sempat melihat beberapa pohon buah produktif antara lain pohon jeruk lemon, jeruk nipis, belimbing wuluh, delima, kemangi, basil dan pohon bawang. Beberapa pohon bahkan memiliki buah yang sangat lebat.

Meskipun menarik tapi jangan asal petik ya, karena kalau memetik buah atau daunnya sama saja membeli tanaman. Selain sebagai penghijauan, hasil kebun ini juga dimanfaatkan untuk jadi campuran masakkan.

Kepada detikFood (8/12) Irwan mengatakan ada 3 tenant yang berdiri di area urban farm ini yakni Gioi, Toby's Estate dan Kinetik Farm. Khusus untuk Gioi dan Toby's Estate bisa jadi pilihan untuk bersantai sambil menikmati makanan enak.

Apalagi Gioi memiliki konsep yang senada yakni menghadirkan makanan dari kebun ke meja makan. Bahan baku yang digunakan untuk meracik makanan di Gioi sebagian besar berasal dari kebun di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Gioi menawarkan berbagai makanan berat hingga camilan. Menu andalan yang bisa jadi pilihan antara lain Signature Crispy Duck, Salmon Lodeh dan Crispy Wagyu Brisket. Semua menu ini bisa disantap di area makan yang bersebelahan langsung dengan kebun sayuran.

Nah kalau mau ngopi santai coba sambangi Toby's Estate. Di sini ada aneka kopi kekinian yang bisa dinikmati dengan potongan cake manis. Di sini juga cocok jadi tempat menikmati sarapan usai berolahraga.

Sementara Kinetik Farm adalah pengelola kebun di Urban Farm PIK. Bukan hanya bisa melihat-lihat aneka tanaman, kamu juga bisa membeli aneka tanaman.

Urban Farm PIKUrban Farm PIK Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Area Urban Farm PIK ini didominasi warna putih dengan konsep bangunan modern minimalis. Setiap sudut area ini bisa jadi spot berfoto instagenik.

"Orang-orang juga butuh ruang terbuka buat refreshing, foto-foto, menikmati udara terbuka dan juga menikmati makanan pastinya," kata Irwan.

Kedepannya, Urban Farm PIK ini akan diperluas dengan area kebun yang lebih besar dan juga tenant makanan yang lebih banyak. Meskipun berada di area pulau reklamasi yang terkesan panas, kamu akan dimanjakan dengan semilir angin yang bikin makin betah.

Untuk bisa masuk ke kawasan Urban Farm PIK ini, kamu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Jadi buat yang hobi fotografi, siapkan outfit terbaikmu!



Simak Video "Urban Farm PIK, Sensasi Nongkrong Asyik di Ruang Terbuka Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com