Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 08:00 WIB
Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie
Jakarta -

Penggemar kopi perlu mengetahui masa simpan tiap jenis kopi. Hal ini berkaitan dengan kualitas maksimal dari kopi tersebut, termasuk rasanya ketika dinikmati nanti.

Kopi adalah jenis minuman populer di dunia. Ada banyak jenis minuman kopi yang digemari karena profil rasanya. Selain itu, kopi juga menyehatkan karena kaya antioksidan dan bisa memberi dorongan energi.

Bagi kamu pencinta kopi, perlu mengetahui masa simpan kopi karena ini berkaitan dengan kualitasnya. Tiap jenis kopi membutuhkan cara penyimpanan yang berbeda dan memiliki masa simpan yang berbeda pula.

Mulai dari biji kopi, kopi bubuk, kopi hitam, sampai minuman cold brew yang tengah populer, seperti ini masa simpannya seperti dikutip dari Healthline (25/10/21):

1. Biji kopi utuh

Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

Biji kopi utuh dalam kemasan tertutup yang ditaruh di suhu ruang dan jauh dari panas, lembap, dan cahaya matahari, akan tetap 'fresh' hingga tanggal 'best-by' yang tertera di kemasannya. Biasanya masa simpan ini mencapai beberapa minggu.

Namun saat kemasan biji kopi sudah terbuka, masa simpannya bertahan 1-3 minggu saja. Untuk hasil terbaik, segera pindahkan biji kopi ini ke dalam wadah kedap udara yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari. Simpan di suhu ruang.

Kalau mau biji kopi bertahan lebih lama lagi, simpan wadah kedap udara tersebut di freezer. Kualitas biji kopi bakal bertahan setidaknya 3-4 bulan. Pastikan tidak ada air sedikitpun di dalam wadah tersebut sebelum kamu membekukannya.

Namun perlu diketahui, pembekuan bukanlah cara terbaik untuk menyimpan biji kopi karena jika terlalu lama, biji kopi bakal kehilangan kesegarannya. Biasanya kualitas biji kopi menurun, namun tetap aman dikonsumsi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com