Camelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu Unta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Okt 2021 05:00 WIB
Camelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu Unta Foto: CNN Travel
Jakarta -

Kopi susu jadi minuman favorit di banyak negara. Di Nairobi, Kenya, ada racikan kopi susu unik bernama camelccino yang dibuat dari susu unta!

Cappuccino adalah racikan kopi dan susu yang mendunia. Berasal dari Italia, minuman ini biasanya dibuat dari susu sapi. Sementara pelaku vegan bisa menggunakan susu kedelai atau susu oat sebagai pengganti.

Namun pernahkah kamu mencicipi kopi susu unta? Kreasi ini dibuat sebuah kafe terkenal di pusat Nairobi, CJ's Restaurant. Manajer kafe mengakui penjualan kopi susu unta belakangan kian meningkat, terutama karena permintaan komunitas lokal Somali.

Menu yang mereka tawarkan bernama camelccino dan camelattes. Susu unta sendiri sebenarnya bukan jenis susu baru karena susu ini banyak dikonsumsi di Timur Tengah, Asia, dan Australia.

Camelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu UntaCamelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu Unta Foto: CNN Travel

Di Afrika Timur pun sebagian besar masyarakat pedesaannya mengonsumsi susu unta. Tapi kini susu unta juga semakin disukai oleh orang-orang di perkotaan.

"Susu unta di pasar internasional benar-benar menguntungkan," kata David Hewett, manajer peternakan untuk Mpala Research Center di Laikipia Plateau di Kenya. "Setengah liter susu unta siap minum dijual USD 10-20 (Rp 142-284 ribu)," katanya. Harga ini jauh lebih mahal daripada susu sapi biasa di Amerika Serikat.

Di Kenya, lebih dari 4 juta unta hidup bebas di lahan peternakan. Jumlah ini naik 4 kali lipat dari tahun 1999, menurut Asosiasi Unta Kenya. Sektor bisnis susu unta pun sangat menguntungkan.

Produsen susu unta terbesar di Afrika Timur, White Gold Camel Milk menilai sektor ini bakal menjanjikan ke depannya. Perusahaan ini memproduksi 500 liter susu unta per hari. Produknya juga diberi nilai tambah seperti susu unta aneka rasa dan yogurt berbahan susu unta.

Camelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu UntaCamelccino, Racikan Kopi Susu Unik Pakai Susu Unta Foto: CNN Travel

Dilihat dari nutrisinya, UN Food and Agriculture Organization menyebut susu unta mengandung 3 kali lipat vitamin C dari susu sapi. Penelitian yang masih berlangsung juga melihat adanya bukti bahwa konsumsi susu unta bisa mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Dalam pemasarannya di Kenya, susu unta menghadapi beberapa tantangan. Soal jalan yang terbatas dan kurangnya infrastruktur jadi masalah utama. Begitu juga untuk penyediaan tempat penyimpanan yang dingin untuk menyimpan susu unta dalam skala besar dan proses pengirimannya.

Pemenuhan standar internasional untuk manajemen penyakit dan kontrol produk susu unta juga tak mudah. Hal ini terjadi pada produsen susu unta skala kecil.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com