Susu Unta Disebutkan dalam Hadits, Benarkah Bisa Jadi Obat?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 05:00 WIB
susu unta Foto: iStock
Jakarta -

Susu unta disebutkan dalam hadits sebagai minuman berkhasiat yang bersifat sebagai 'obat' saat dikonsumsi bersama air kencing unta. Secara ilmiah, benarkah hal ini?

Unta merupakan hewan padang pasir yang hidup di dataran tanah Arab. Unta dikenal sebagai hewan dengan banyak manfaat dan dipelihara pada zaman nabi.

Unta juga dimanfaatkan oleh Rasulullah untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mulai dari alat transportasi, dagingnya untuk dimakan, hingga susunya untuk diminum.

Selama ribuan tahun, unta menjadi hewan yang paling dibutuhkan terutama di padang pasir. Pernah disebutkan di dalam Alquran dan hadits, bahwa unta kemudian menjadi hewan ternak yang sengaja diciptakan Allah SWT untuk menunjukkan kekuasaannya.

Berikut fakta soal keistimewaan unta dalam Alquran hingga manfaatnya untuk kesehatan:

susuFoto: Thinkstock

1. Disebutkan dalam Alquran

Dalam surah Al Ghasyiyah, Allah SWT menyebutkan beberapa jenis hewan. Unta menjadi salah satu hewan yang disebutkan untuk menunjukkan betapa besar kekuasan Allah SWT atas penciptaan langit dan bumi beserta seisinya.

"Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan? dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? dan bumi bagaimana ia dihamparkan?" (QS. Al Ghasyiyah ayat 17-20).

Jika diperhatikan, unta merupakan hewan yang sengaja diciptakan dengan ketahanan tubuh yang paling kuat. Unta bahkan mampu bertahan tanpa makanan dan air selama berhari-hari dengan punuk sebagai cadangan airnya yang membuat unta akan tetap hidup.

Baca juga: Rasulullah SAW Suka Minum Susu Kambing, Susu Juga Tercatat dalam Al-Quran

2. Manfaat Susu Unta

Menjadi hewan ternak yang banyak dipelihara di Timur Tengah, maka tak jarang bahwa susu unta juga bisa diproduksi besar-besaran di tanah Arab. Tidak kalah dengan susu sapi, susu yang diperah dari seekor unta juga memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Susu unta mengandung nutrisi dan mineral seperti vitamin A, B, C, D, E, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, zat besi dan juga fosfor. Susu unta juga menjadi alternatif yang lebih aman bagi penderita intoleran laktosa yang tak bisa mengonsumsi susu sapi.

Susu unta mengandung protein yang bertindak seperti insulin dan zinc sehingga dapat menormalkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita diabetes. Susu unta juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak bagi orang dewasa untuk mencegah alzheimer hingga kandungan whey proteinnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com