Mantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 Donat

Devi Setya - detikFood Senin, 25 Okt 2021 13:30 WIB
Mantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 Donat Foto: youtube Jaga Lilin / instagram @donatmuna
Jakarta -

Perempuan bernama Endah ini dikenal sebagai pemilik bisnis donat sukses. Tak banyak yang tahu kalau ia dulunya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memilih mundur untuk memulai bisnis.

Pemilik nama lengkap Endah Kurnia Ningsih ini memilih mundur dari profesinya sebagai PNS karena alasan keluarga. Ia keluar demi bisa mengurus anak-anaknya yang masih dalam usia balita.

Kisah Endah ini ditayangkan lewat video YouTube Jaga Lilin (1/8). "Keluar ASN karena keluarga, anak masih kecil dan butuh bimbingan. Memutuskan untuk resign mau mendampingi anak. Kami tidak mau anak-anak tidak mendapat pengawasan kami di masa golden age-nya," ujar Endah.

Mantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 DonatMantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 Donat Foto: youtube Jaga Lilin / instagram @donatmuna

Ketika dihubungi detikcom (24/10) Endah mengaku awalnya sempat berat meninggalkan pekerjaannya. Ia sempat merasa kehilangan aktivitas harian.

"Pasti berat dan banyak pertimbangan, awal-awal menjalani pun berat karena dari yang biasanya bekerja rutin pagi-sore menjadi tidak bekerja rutin," kata Endah.

Memulai usaha kuliner di tahun 2014, Endah sempat memproduksi berbagai makanan mulai dari cokelat karakter, peyek mini hingga cheese stick. Namun semua usaha ini kurang berjalan mulus.

Kemudian Endah melirik usaha bakery yang memproduksi dan menjual aneka roti. Bisnis bakery ini cukup sukses karena ia bisa memproduksi hingga 1000 roti setiap hari. Namun kali ini ia terkendala SDM yang saat itu terdiri dari para wanita.

"Kendala di SDM karena produksi roti kan malam supaya pagi siap dijual. Tapi karyawan semuanya perempuan, jadi nggak mungkin selalu kerja malam," ujar Endah.

Dari sini, Endah memutar otak untuk menemukan bisnis baru lagi. Ia akhirnya belajar membuat donat, dan pada 2017 bisnis donat frozennya mulai berjalan.

Di awal usaha, Endah mengalami jatuh bangun. Dalam seminggu ia hanya bisa memproduksi donat dua kali, bahkan sering donatnya tidak laku sama sekali. Hal ini justru membuat Endah semakin termotivasi.

Menjelang tahun 2017 akhir dalam sehari Endah mulai memproduksi satu karung tepung untuk dibuat donat. Jumlahnya terus meningkat hingga akhirnya di tahun 2019 ia harus mengolah hingga 2 karung tepung setiap hari.

Puncak popularitas Donat Muna buatan Endah ini ada pada masa pandemi Covid-19. "Awal pandemi omzet melonjak 300 persen. Nambah karyawan dari 5 jadi 10 orang. Sehari bisa habiskan 3 karung tepung terigu yang bisa membuat 3000 donat," ujar Endah.

Mantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 DonatMantan PNS Ini Pilih Jualan Donat, Sehari Bisa Jual 3.000 Donat Foto: youtube Jaga Lilin / instagram @donatmuna

Endah tidak main-main soal bisnisnya ini, bermula dari belajar mencari resep donat lewat YouTube kini ia bisa mempekerjakan banyak tetangga di sekitar rumahnya di bilangan Depok.

"Orang kira saya cuma main-main punya usaha. Tapi saya serius. Saya mau menjadi berguna. Cari resep dari YouTube Google. Saya cari donat kentang, donat susu, donat umbi. Tapi yang cocok donat susu," lanjut Endah.

Kini bisnis donatnya sudah sangat menghasilkan, ia dibantu oleh 160 reseller yang tersebar di Jabodetabek. Untuk varian donatnya sendiri, Endah punya donat susu original, donat susu cokelat, strawberry, srikaya hingga keju.

Dari usahanya ini Endah berharap agar produknya bisa terus diterima masyarakat.

"Semoga produk kami makin bisa diterima masyarakat sebagai camilan yang enak, bergizi serta praktis disajikan. Kami juga berharap agar kedepannya bisa berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha snackbox dan kedai-kedai kopi," pungkas Endah.



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com