Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 08:00 WIB
Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

4. Cold brew

Cold brew kini menjadi salah satu minuman kopi populer. Cold brew diseduh dengan air dingin lalu disimpan selama 6-12 jam di dalam kulkas. Soal masa simpan, cold brew bertahan lebih lama daripada kopi hitam yang disimpan di kulkas.

Selama dalam kemasan tertutup, cold brew bisa bertahan 7-10 hari. Namun jika kamu sudah menambahkan air ke dalam konsentrat cold brew sebelum minum, lalu memasukkannya lagi ke kulkas, maka segera habiskan cold brew ini dalam 3-4 hari ke depan.

Cold brew yang sudah ditambahkan susu atau creamer, harus dikonsumsi dalam 2 jam setelahnya. Bisa juga disimpan di kulkas, namun hanya bertahan 1-2 hari karena khawatir basi atau berbau tak enak.

5. Tanda-tanda kualitas kopi menurun

Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

Jika disimpan dengan benar, kopi umumnya sangat jarang menyebabkan keracunan makanan. Kopi yang dibuat dari biji tua biasanya tidak akan seenak kopi yang digiling dari biji segar. Meski begitu, kopi ini tidak berbahaya dan kamu tetap bisa mengonsumsinya.

Untuk mengetahui apakah kopi masih bagus atau tidak, kamu bisa memperhatikan ciri fisiknya. Misalnya apakah ada jamur, perubahan warna, atau bau busuk? Jika ya, maka ini tanda kopi sudah basi dan harus dibuang.

Kamu perlu lebih berhati-hati dengan kopi yang sudah ditambahkan susu atau krimer karena akan lebih mudah basi dan ditumbuhi bakteri. Sebaiknya konsumsi dalam kurun waktu 2 jam setelah kopi susu dibuat. Setelah melewati waktu itu, segera buang kopi susu, kecuali kamu menyimpannya di kulkas.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com