Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 26 Okt 2021 08:00 WIB
Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

2. Kopi bubuk

Mirip seperti biji kopi kemasan, kualitas kopi bubuk kemasan juga bakal bertahan sampai tanggal kedaluwarsa atau 'best-by' yang ditetapkan produsen. Setelah dibuka, segera simpan kopi bubuk di wadah kedap udara dalam suhu ruang.

Jauhkan kopi bubuk dari sumber panas, cahaya matahari, dan kelembapan. Cara ini bakal membuat kopi bubuk tetap fresh selama 1-2 minggu ke depan. Di masa-masa ini pula kesegaran kopi mencapai tingkat maksimal sehingga baik dinikmati.

Jika tempat tinggalmu bersuhu lembap, lebih baik jika wadah berisi kopi bubuk ini dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer. Cara ini bisa membuat kopi bubuk tetap segar selama 2 minggu di kulkas dan 1 bulan di freezer.

Untuk kopi bubuk instan, masa simpannya ternyata lebih lama. Ada yang bilang bisa 2 sampai 20 tahun selama kopi bubuk instan itu tetap berada dalam kemasannya.

3. Kopi hitam

Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan?Berapa Lama Biji Kopi, Kopi Bubuk, hingga Cold Brew Bisa Disimpan? Foto: Getty Images/iStockphoto/NighthawkFotografie

Usai diseduh, kesegaran kopi hitam bakal terjaga selama 20-30 menit jika ditempatkan dalam cangkir terbuka atau 1 jam dalam cangkir tertutup. Setelahnya, kamu tetap bisa minum kopi hitam, bahkan sampai 4 jam ke depan. Untuk kopi yang dicampur susu sebaiknya dihabiskan dalam waktu 2 jam jika berada di suhu ruang.

Lalu bagaimana dengan minuman kopi hitam yang disimpan di kulkas? Masa simpannya bisa sampai 3-4 hari. Namun rasanya dipastikan tidak seenak seperti awal. Dan untuk kopi susu bisa bertahan 1-2 hari di dalam kulkas.

Untuk memastikan keamanannya, selalu cium aroma dan perhatikan tanda-tanda pada minuman kopi, sebelum kamu mengonsumsinya. Khususnya pada varian kopi susu karena susu adalah bahan makanan yang mudah basi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com