Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Okt 2021 13:00 WIB
Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk
Jakarta -

Anak kos biasanya hidup dalam keterbatasan, termasuk urusan budget makan. Supaya tetap hemat, ada 7 tips dapur yang bisa kamu coba saat masak di kosan.

Tinggal di kos-kosan karena alasan sekolah atau bekerja dilakoni banyak orang. Biasanya mereka hidup dalam kehematan karena keuangan yang terbatas. Bertahan satu bulan dengan uang bulanan terkadang jadi tantangan tersendiri bagi anak kos.

Untuk mengakalinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya menghemat pengeluaran dapur dengan memaksimalkan fungsi bahan dan alat yang ada di dalamnya. Dengan begini, anak kos tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk masak ataupun beli makanan.

Tips dapur ini terlihat sepele, tapi ternyata cukup berguna dalam menyelamatkan kondisi budget anak kosan yang terbatas. Mulai dari memanfaatkan kembali bumbu mie instan sampai menyimpan potongan kulit buah.

Mengutip Spoon University (21/10/21), inilah 7 tips dapur hemat yang bisa ditiru anak kos:

1. Gunakan mayonnaise sebagai pengganti minyak

Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong JebolAnak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Mau masak tapi tak punya mentega atau minyak? Tak perlu panik karena anak kos bisa memanfaatkan stok mayonnaise yang ada. Mayonnaise bahkan bisa menggantikan fungsi mentega pada hidangan manis maupun gurih.

Mayonnaise mengandung minyak, seperti minyak kedelai atau rapeseed, yang cukup untuk menghasilkan minyak di atas wajan. Sisanya, kamu bisa menggunakan mayonnaise layaknya mentega atau minyak biasa. Misalnya untuk memanggang roti atau menumis sayuran.

2. Pakai mesin kopi

Beberapa anak kos memiliki fasilitas mesin kopi di tempat mereka, entah milik sendiri ataupun pemilik kos. Mesin kopi sesungguhnya tidak hanya untuk membuat kopi panas, tetapi juga memasak beragam hidangan.

Anak kos bisa merebus telur, membuat oatmeal, mie instan, atau hidangan lain yang membutuhkan air mendidih. Hal yang kamu butuhkan hanya air dan teko untuk diisi beragam bahan makanan. Anak kos juga bisa memanfaatkan panas dari besi mesin kopi untuk memanggang salmon ataupun lembaran daging tipis. Caranya tinggal dilapisi aluminium foil.

3. Manfaatkan bumbu mie instan

Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong JebolAnak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Untuk melezatkan rasa makanan, jangan lupakan bumbu mie instan. Bumbu yang gurih nikmat ini bisa melezatkan olahan telur, pasta, nasi, dan makanan lain yang sudah matang.

Kamu hanya perlu menggunakan sedikit bumbu mie instan (1/8 sdt) untuk ditaburi ke makanan. Rasa gurih khas MSG ini dijamin bisa membuat makan kamu lebih semangat meski dalam keterbatasan.

4. Jangan buang kulit buah

Saat mengupas buah, jangan langsung membuang kulitnya. Kamu bisa memanfaatkan kulit buah ini untuk membuat teh. Caranya cukup rebus kulit buah bersama air. Biarkan mendidih selama 2 menit.

Jika sudah, kamu bisa menambahkan pemanis seperti madu atau rempah lain untuk menambah cita rasanya. Secangkir teh hangat rasa buahpun siap dinikmati.

5. Pakai sedotan untuk menghilangkan kelebihan udara

Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong JebolAnak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Sedotan punya fungsi tambahan selain sebagai alat bantu minum. Sedotan bisa menghilangkan udara berlebih di kantong bahan makanan. Caranya cukup dengan memasukkan sedotan ke dalam kantong, biarkan satu sisinya di luar, kemudian hisap kelebihan udara dan kantongpun bakal lebih rata.

Sedotan juga berfungsi untuk menghilangkan daun stroberi. Cukup tusuk bagian bawah stroberi ke arah atas untuk menyingkirkan daunnya.

6. Pakai kulit jeruk sebagai pewangi alami

Area tinggal anak kos biasanya terbatas dengan bagian dapur mungkin menyatu dengan area tidur. Bau-bau tak sedappun mungkin tercium dari saluran cuci piring atau tempat sampah.

Untuk mengatasi hal ini, gunakan kulit jeruk sebagai pewangi alami. Pertama, taruh kulit jeruk di tempat pembuangan. Kemudian biarkan saluran cuci piring berfungsi seperti biasa, harapannya bau segar khas jeruk akan tercium dari dalam.

7. Bikin cracker dari mie instan

Anak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong JebolAnak Kos! Ini 7 Tips Dapur Hemat yang Tak Bikin Kantong Jebol Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Siapa bilang mie instan hanya bisa dimasak? Kamu bisa mengolahnya dalam keadaan kering sebagai cracker. Pertama, keluarkan mie instan dan goreng di wajan. Setelah kecokelatan, taruh mie instan di piring dan tambahkan bumbu atau saus apapun yang kamu inginkan.

Mie instan pun siap dinikmati sebagai cracker. Tekstur renyah dengan bumbu gurihnya dijamin bakal puaskan selera. Coba yuk!



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com