Mirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk Menyeramkan

Devi Setya - detikFood Sabtu, 23 Okt 2021 17:00 WIB
Mirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk Menyeramkan Foto: Grapee
Jakarta -

Hampir semua orang tahu bentuk tomat yang bulat atau sedikit lonjong dengan permukaan kulit mulus. Tapi di Jepang ada tomat yang bentuknya menyeramkan, bahkan orang mengatakan mirip buah beracun.

Jepang termasuk negara yang memproduksi berbagai jenis buah dan sayuran premium, termasuk salah satunya tomat. Bahkan ada satu kawasan yang terkenal sebagai penghasil buah tomat yang sangat lezat dan manis. Tapi ada juga pertanian yang menghasilkan buah tomat dengan bentuk aneh serta menyeramkan.

Dilansir dari Grapee (22/10) perkebunan tomat di Prefektur Niigata Jepang terkenal memiliki tomat merah yang sangat cantik dan lezat. Kadar gula dalam buah tomat ini terbilang tinggi sehingga disebut sebagai furutsu tomato atau tomat buah. Perkebunan Soga Farm termasuk salah satu yang terkenal.

Mirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk MenyeramkanMirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk Menyeramkan Foto: Grapee

Tapi belum lama ini Soga Farm menjadi perbincangan netizen setelah beredar foto buah tomat dengan tampilan yang aneh. Pengelola Ladang Soga mengunggah foto tomat lewat akun Twitternya. Bukan tomat cantik yang menggoda selera tapi tomat menyeramkan mirip buah beracun.

Tidak seperti kebanyakan tomat pada umumnya, buah tomat ini memiliki banyak benjolan hijau di permukaannya. Benjolan tidak beraturan inilah yang membuat banyak orang mengatakan buah tomah ini menakutkan.

"Yah, betapa buruknya itu," kata netizen.

"Penampilannya mengerikan tetapi jika kamu menghilangkan bagian hijaunya, sepertinya tidak masalah memakannya. Saya pribadi merekomendasikan tomat ini."

Menurut pihak Soga Farms, tomat ini tumbuh dengan gangguan fisiologis yang tidak biasa. Benjolan yang tumbuh pada tomat ini biasa disebut debeso atau pusar yang menonjol.

Banyak hal yang menyebabkan tomat tumbuh dengan bentuk tidak wajar, salah satunya disebabkan oleh musim panas dengan suhu yang sangat tinggi. Biasanya, tomat 'cacat' ini tidak dijual di supermarket karena bentuknya aneh. Tetapi para petani meyakinkan kalau tomat ini sangat aman untuk dimakan.

Mirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk MenyeramkanMirip Buah Beracun, Tomat Ini Punya Bentuk Menyeramkan Foto: Grapee

Untuk melahapnya pun sama seperti makan tomat biasa, hanya saja kamu perlu membuang bagian hijau yang menonjol.

"Beberapa mungkin memiliki inti yang lebih tebal, tetapi mereka tidak berbeda dari tomat biasa. Saya suka memanen sayuran ini!"

Sebagai contoh sekaligus bukti, para petani di Soga Farm mengolah tomat bentuk aneh ini menjadi berbagai makanan. Seperti dijadikan pelengkap isian sandwich hingga dijadikan produk olahan seperti saus tomat.



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com