Waduh! 5 Makanan Ini Diprediksi Bakal Punah Akibat Perubahan Iklim

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 21 Okt 2021 12:00 WIB
Waduh! 5 Makanan Ini Diprediksi Bakal Punah Akibat Perubahan Iklim Foto: iStock
Jakarta -

Perubahan iklim yang tak lagi bisa diprediksi menyulitkan para petani. Lima makanan dan minuman ini bahkan diprediksi bakal punah sebagai dampak dari perubahan iklim.

Global warming atau pemanasan global menyebabkan perubahan iklim di seluruh dunia sudah tidak lagi bisa diprediksi. Suhu bumi yang juga terus meningkat menjadi salah satu dampak dari global warming yang kian terasa.

Antara musim panas maupun musim hujan kini sudah sulit diperkirakan dan perputarannya sudah tidak lagi seperti sebelum-sebelumnya. Akibat perubahan iklim yang cukup ekstrem dan tidak dapat diperkirakan ini banyak para petani yang mengeluhkan kegagalan panen. Ini lantaran iklim tak sesuai dengan masa menanam tanaman.

Dampak dari kegagalan panen ini sangat besar untuk ketahanan dan persediaan pangan. Bahkan ada beberapa bahan makanan yang diperkirakan akan menghilang akibat perubahan iklim yang terjadi.

Berikut ini 5 bahan makanan yang diperkirakan bakal punah akibat perubahan iklim, menurut Euro News (27/9):

Waduh! 5 Makanan Ini Diprediksi Bakal Punah Akibat Perubahan IklimWaduh! 5 Makanan Ini Diprediksi Bakal Punah Akibat Perubahan Iklim Foto: iStock

1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia dan menurut survei, 2 juta cangkir kopi diminum oleh masyarakat dunia setiap hari. Bahkan menurut data yang didapatkan pada tahun 2020, ada 20 juta kilogram biji kopi yang dipanen sepanjang tahun 2020 untuk memenuhi kebutuhan kopi di pasar dunia.

Tetapi akhir-akhir ini dilaporkan ada hama dan jamur merusak yang mulai mengganggu tanaman kopi. Salah satunya kasus yang sedang terjadi di kawasan Amerika Latin akibat temperatur yang meningkat menjadi lebih hangat. Tidak hanya membunuh tanaman kopi, tetapi jamur pengganggu kopi ini perlu diwaspadai karena dapat merusak area lahan penanaman biji kopi.

Selama tahun 2012 hingga 2017 saja, banyak petani kopi yang melaporkan mengalami kerugian hingga Rp4,17 miliar. Bahkan prediksi lebih lanjut akan lebih banyak petani yang bisa kehilangan lahannya hingga 65% pada tahun 2080 nanti.

Baca juga: Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com