Cara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 17 Okt 2021 08:00 WIB
Cara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007
Jakarta -

Sebagai alat masak utama, kompor sering kali digunakan. Terkadang muncul kerak membandel pada kompor yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, manfaatkan dua bahan alami ini.

Dapur terasa tak hidup tanpa kegiatan memasak. Di Indonesia, alat masak yang banyak dipakai adalah kompor gas. Terdapat beberapa komponen pada jenis kompor ini yang perlu diperhatikan.

Setelah sering dipakai, kompor pastinya akan kotor. Di bagian ring-nya bahkan muncul kerak-kerak membandel yang sulit dihilangkan. Kerak ini tergolong tebal dan tidak hilang meski sudah digosok keras.

Ternyata, untuk mengatasinya ada dua bahan alami yang bisa kamu gunakan. Baking soda dan air hangat ampuh untuk membersihkan kerak kompor yang membandel.

Cara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan IniCara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007

Mengutip Mashed (14/10/21), caranya buat larutan pasta dari campuran baking soda dan air dengan perbandingan jumlah yang sama. Misalnya sama-sama setengah cangkir, kemudian aduk rata.

Boleh ditambahkan baking soda lagi jika larutannya masih encer. Gunakan air hangat agar pasta yang dihasilkan lebih kental. Setelah jadi, oleskan pasta ini ke kerak kompor yang ingin dibersihkan.

Pastikan area kompor bebas dari sumber panas. Biarkan setidaknya 12 jam atau semalaman.

Setelah itu, ambil lap basah dan bersihkan kerak kompor. Jika keraknya membandel, kamu bisa menggunakan spatula sebagai bantuan.

Cara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan IniCara Membersihkan Kerak Kompor yang Membandel, Pakai Bahan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007

Lalu pastikan pasta baking soda tidak ada yang tertinggal. Caranya dengan menyemprotkan air cuka. Nantinya sisa soda kue akan bereaksi membentuk busa dan bisa langsung dibersihkan.

Cara membersihkan kerak kompor dengan baking soda dan air hangat ini dinilai lebih efektif dibanding campuran baking soda dan cuka. Kenapa? Karena baking soda bersifat basa dan cuka bersifat asam.

Mencampurkan keduanya menciptakan reaksi kimia yang membuatnya berbuih. Larutan ini baru berguna ketika kondisinya mendidih. Namun reaksi kimia ini juga tidak sekuat jika dibandingkan campuran baking soda dan air.



Simak Video "Bikin Laper: Semur Jengkol Sambal Tempong yang Bikin Keringatan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com