7 Cara Bersihkan Panci Gosong dan Berkerak Pakai Bahan Alami

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 10:30 WIB
Ilustrasi panci gosong Foto: Istock
Jakarta -

Panci yang gosong dan berkerak setelah masak menjadi tantangan sendiri untuk dibersihkan. Untuk mengatasinya, ini 7 cara bersihkan panci gosong dan berkerak.

Saat masak,s kegosongan bisa saja terjadi tanpa disengaja. Mulai dari api yang terlalu besar hingga diakibatkan oleh makanan yang lengket dan membakar panci atau wajan yang digunakan.

Panci atau wajan yang gosong ini menjadi hal yang paling sulit dan menantang saat dibersihkan. Noda gosongnya tidak jarang membuat kerak yang sulit untuk dihilangkan.

Tetapi menggosok panci dengan kuat untuk membersihkan noda kerak merupakan hal yang salah karena dapat merusak lapisan panci. Ternyata ada tujuh cara bersihkan panci gosong dan berkerak yang mudah dilakukan.

Berikut ini 7 cara bersihkan panci gosong dan berkerak, menurut Bobvila:

Water boiling in a clear glass pot.Foto: iStock

1. Gunakan Air Mendidih

Air mendidih dapat membantu melunakkan noda berkerak pada panci dengan cepat. Caranya cukup isi panci yang gosong dan berkerak dengan air kemudian masak di atas kompor hingga air tersebut mendidih.

Setelah mendidih matikan api dan biarkan air mendingin sambil lakukan gosokan lembut pada bagian kerak dengan menggunakan spatula karet, plastik ataupun kayu. Setelah kerak terlepas, buang air dan taburkan baking soda untuk membersihkan sisa nodanya.

2. Larutan Cuka

Jika air mendidih masih tidak bisa mengatasi masalah ini, larutan cuka bisa menjadi alternatif lainnya. Tuangkan larutan cuka hingga menutupi bagian yang ingin dihilangkan kerak dan nodanya.

Pastikan seluruh permukaan kerak noda sudah terendam kemudian didihkan larutan cuka selama 5 menit. Gosok perlahan bagian noda dan bilas dengan air bersih. Larutan cuka ini juga diklaim ampuh untuk membersihkan noda membandel pada peralatan memasak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com