Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke Bagian Dalamnya!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 08:00 WIB
Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya! Foto: iStock
Jakarta -

Kompor merupakan alat dapur yang paling sering digunakan. Cara-cara berikut ini bisa kamu ikuti untuk menjaga kompor agar tetap bersih.

Saat memasak seringkali banyak bahan makanan yang tumpah di atas kompor. Biasanya makanan-makanan tersebut jika didiamkan akan menjadi kerak yang sulit dihilangkan bahkan jika sudah digosok dengan keras.

Kerak dan kotoran yang menumpuk di sekitar kompor akan sangat memengaruhi kebersihan dan fungsi kompor. Tidak jarang kotoran dari bahan makanan tersebut akan menyumbat dan membuat kompor menurun fungsinya atau bahkan menjadi rusak.

Membersihkan kompor setelah memasak sebenarnya hal yang sangat penting untuk selalu dilakukan. Sekadar mengelap kompor atau membersihkan bahan makanan yang tumpah di sekitar perlu dilakukan, tetapi menjaga kebersihan kompor sampai ke bagian dalamnya juga penting dilakukan secara berkala.

Berikut ini cara mudah membersihkan kompor sampai ke bagian dalamnya menurut Proline.

Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya!Cara Mudah Membersihkan Kompor, Sampai ke BAgian Dalamnya! Foto: iStock

1. Persiapan Awal

Untuk memastikan kompor bersih sampai ke bagian dalamnya, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan semua bagian kompor yang bisa dilepaskan. Kemudian siapkan beberapa wadah tahan panas, air serta bahan perontok kotoran yang bisa menggunakan cuka.

Isi semua wadah dengan air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Kemudian, campuran air tadi harus dipanaskan setidaknya menyentuh suhu 40 derajat celcius. Campuran air ini dikatakan akan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan cairan pembersih yang dijual bebas di pasaran.

Lepaskan bagian-bagian kompor yang bisa dilepaskan dan rendam dalam larutan tersebut. Diamkan selama semalaman agar kotorannya melunak dan nantinya mudah dibersihkan. Untuk bagian yang tidak bisa dilepaskan bisa diatasi dengan cara menggosokan campuran air dengan air atau menutupnya dengan kain lembap yang telah direndam dalam larutan tersebut.

Baca juga: Tips Bersihkan Sendok dan Garpu ala TikTok, Hasilnya Kinclong Banget!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com