ADVERTISEMENT

7 Menu Sarapan Ini Ampuh Tingkatkan Mood dan Energi di Pagi Hari

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 13 Okt 2021 05:00 WIB
Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Ubi Jalar

Tidak hanya berdampak pada produksi energi dan kesimbangan glukosa darah, ubi jalar juga bermanfaat baik untuk usus. Menu sarapan yang satu ini melepaskan gula ke dalam darah dengan sangat perlahan tetapi secara konstan memproduksi energi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bahkan ubi jalar dinilai sebagai sumber energi yang paling baik diantara bahan makanan dengan kandungan pati lainnya. Kandungan magnesium yang juga terdapat dalam ubi jalar dinilai oleh Fernando, selaku ahli gizi, lebih baik untuk meredakan stres dan meningkatkan fokus.

4. Oatmeal

7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap HariFoto: iStock

Menu sarapan yang populer ini ternyata tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan ternyata juga bermanfaat untuk mengendalikan perasaan dan membantu memproduksi energi. Karbohidrat kompleks yang ada di dalam oatmeal mampu melepaskan kandungan gulanya secara perlahan sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan glukosa dalam darah yang cukup berbahaya dampaknya.

Kandungan beta-glukan yang ada di dalam oatmeal juga dinilai sangat baik untuk menuurnkan kolesterol dan membakar timbunan lemak di dalam tubuh. Kandungan seratnya yang padat juga ampuh untuk menjaga lapar hingga waktu makan siang tiba sehingga mencegah makan berlebih dan penumpukan kalori di dalam tubuh.

5. Bayam

Popularitas bayam sebagai bahan makanan yang dapat membantu produksi energi memang sudah cukup tinggi. Cara menikmati bayam saat sarapan bisa diolah menjadi pelengkap pada omelette atau sebagai bahan campuran dalam jus atau smoothie.

Bayam diketahui memiliki komponen gizi seperti vitamin C,folat dan zat besi. Ketiga komponen gizi tersebut diakui oleh para ahli menjadi nutrisi utama yang dibutuhkan untuk memproduksi energi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT