Pejuang Diet, Ini 5 Menu Sarapan untuk Turunkan Berat Badan

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 06:00 WIB
sayur bening bayam. indonesian food of spinach with soup and corn Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan, jangan sembarang tinggalkan sarapan. Karena sarapan bisa membantu menurunkan berat badan, apalagi dengan makanan sehat ini.

Menurunkan berat badan memang bisa dibilang sulit, apalagi jika menu makanannya tidak enak, karena terlalu dipaksakan menyantap aneka makanan sehat yang hambar atau pahit. Padahal proses diet untuk menurunkan berat badan ini bisa dilakukan dengan cara menyenangkan.

Salah satunya dengan mengonsumsi aneka menu sarapan bergizi yang sehat. Seperti yang disarankan oleh ahli gizi, sekaligus penulis buku Fit Healthy Momma, Dokter Courney D'Angelo.

Dilansir dari Eat This Not That (10/10), berikut lima menu sarapan sehat untuk turunkan berat badan:

1. Oatmeal


Oatmeal dapat membantu menurunkan berat badan dengan dua cara. Pertama, oatmeal mengandung banyak serat dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kedua, penelitian terbaru melaporkan bahwa sarapan yang dibuat dengan karbohidrat "yang lambat dilepaskan" seperti oatmeal atau sereal, 3 jam sebelum berolahraga dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

"Selain itu oatmeal juga dipenuhi dengan serat tinggi, yang membantu membuat orang merasa lebih kenyang. Tentunya berperan besar dalam sistem pencernaan usus yang sehat, dengan menjaga saluran pencernaan tentap lancar dan bersih," ungkap D'Angelo.

Meski begitu banyak orang yang masih takut makan oatmeal ketika sedang diet karena takut dengan kandungan karbohidratnya. Padahal menurut D'Angelo tidak semua kandungan karbohidrat berbahaya untuk tubuh, apalagi sedang diet.

2. Telur

Jadi menu andalan orang-orang saat sarapan, kreasi telur memang tidak pernah bikin bosan. Selain rasanya yang enak, telur mengandung protein yang cukup tinggi. Kalorinya juga rendah, tapi tergantung cara pengolahannya.

Kalau mau lebih sehat, bisa coba sarapan dengan telur rebus yang kalorinya berkisar sekitar 75 kalori per butir. Beberapa ahli gizi setuju bahwa telur ini merupakan menu sarapan yang paling sehat untuk menurunkan berat badan.

Kalau bosan dengan telur rebus yang polos. Bisa coba masak semur telur yang mudah dibuat. Tentunya kalori telur semur berbeda, kisarannya sekitar 130 kalori per 100 gram. Tetap lebih rendah kalori dibandingkan menu sarapan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com