7 Menu Sarapan Ini Ampuh Tingkatkan Mood dan Energi di Pagi Hari

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 13 Okt 2021 05:00 WIB
Menu Sarapan Sehat Buat yang Suka Tidur Larut Malam dan Begadang Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sarapan sangat diperlukan untuk produksi energi. Tujuh bahan makanan ini bahkan diklaim dapat membantu produksi energi sekaligus bikin mood bahagia di pagi hari.

Pentingnya sarapan untuk memproduksi energi tubuh berulang kali ditekankan oleh para ahli kesehatan. Melewati waktu sarapan menjadi kebiasaan yang dinilai harus segera diubah dan ditinggalkan.

Jika sedang diet atau menurunkan berat badan, sarapan juga menjadi waktu makan yang paling penting. Hanya saja perlu pertimbangan dengan cermat untuk mengatur asupan kalori dan produksi energi yang seimbang.

Selain itu, sarapan juga dikaitkan dengan memicu perasaan yang lebih bahagia. Hal tersebut disebabkan oleh sarapan yang bisa menjaga kestabilan glukosa yang berdampak pada emosi yang lebih stabil.

Berikut ini 7 menu sarapan yang bantu produksi energi dan bikin bahagia menurut Vogue:

Assortment  different types of beansFoto: Thinkstock

1. Kacang-kacangan

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, kacang-kacangan dinilai sebagai sumber bahan makanan nabati yang punya banyak fungsi. Kandungan protein yang tinggi tanpa diimbangi kadar indeks glikemik yang juga tinggi membuat kacang-kacangan dinilai cukup sehat.

Kadar indeks glikemik yang rendah membuat kacang-kacangan cenderung lebih aman untuk tingkat glukosa di dalam darah sehingga mebuat emosi lebih stabil. Menu sarapan nabati yang kaya protein ini juga mengandung protein yang kaya yang cenderung dicerna dalam waktu yang lama sehingga memproduksi energi yang lebih panjang.

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang begitu kaya. Pisang juga dilengkapi dengan berbagai kandungan gizi lainnya seperti potasium dan vitamin B6 yang ampuh untuk meningkatkan produksi energi dipagi hari.

Kandungan serat yang terdapat dalam pisang juga dicerna lebih lama oleh tubuh sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan glukosa. Bahkan pisang yang sudah sangat matang dinilai akan lebih memberikan energi yang bertahan lama karena patinya akan diubah menjadi energi di dalam tubuh.

Baca juga: Pejuang Diet, Ini 5 Menu Sarapan untuk Turunkan Berat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com