5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 12 Okt 2021 10:30 WIB
5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak
Foto: YouTube Akri Patrio TV

4. Kenken 'Wiro Sableng'

5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak Foto: BPPSDMP Kementan RI

Kenken Sukendro lebih dikenal sebagai Kenken 'Wiro Sableng' karena ia jadi pemeran tokoh Wiro Sableng pada tahun 1995. Aktor laga ini sekarang sibuk mengurus lahan pertanian di Bogor.

Di lahannya, Kenken menanam banyak jenis buah dan sayuran. Mulai dari kembang kol, markisa, hingga melon Korea. Siapa sangka, Kenken sudah lebih dari 18 tahun menggeluti dunia pertanian. "Sangat menjanjikan. Kalau dikelola dengan cerdas. Dikelola dengan efektif dan dikelola dengan sungguh-sungguh, akan terasa hasilnya," katanya soal profesi petani.

Di Instagram Kenken juga sering mengunggah foto ketika berada di kebun. Ia pun berharap generasi muda Indonesia banyak yang mau menjadi petani mengingat lahan pertanian di Tanah Air sangat luas dan siap dikelola.

Baca Juga: Kenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di Bogor

5. Yusuf Mansur

5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak5 Artis Ini Sekarang Sukses dan Bahagia Jadi Petani dan Peternak Foto: Instagram yusufmansurnew

Selain berdakwah, ustaz Yusuf Mansur punya kesibukan yang membuatnya bahagia. Ia pilih jadi 'petani' dengan mengelola kebun sayuran di area rooftop rumahnya di Cipondoh, Tangeran. Ustaz Yusuf Mansur menanam sayuran seperti kangkung dan bayam, cabai, sampai buah seperti jeruk.

Beliau bahkan menanam dan menyemai bibit pohon buah sendiri. Awalnya dilakukan di pot kecil, lalu ketika ukurannya sudah mulai besar barulah pohon akan dipindah ke tanah lapang. Kini ustaz Yusuf Mansur membudidayakan pohon pisang, jeruk, alpukat hingga durian.

Satu hal yang menarik, ustaz Yusuf Mansur tak sembarangan bertani. Supaya tanamanya tumbuh subur, ia selalu mendoakan dan mensholawati tanamannya. Hal ini juga bertujuan agar mendapat berkah.

Kemudian hasil panen kebunnya dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi bersama keluarga. Cara ini disebutnya sebagai upaya untuk swasembada pangan keluarga.

Baca Juga: Hobi Berkebun, Ustaz Yusuf Mansur Punya Kebun Sayur di Rooftop Rumahnya


(adr/odi)