Kenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di Bogor

Devi Setya - detikFood Senin, 04 Okt 2021 18:30 WIB
Kenken Wiro Sableng Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di Bogor Foto: YouTube BPPSDMP Kementan RI/Instagram @kenzieaprilio.3
Jakarta -

Aktor laga Kenken Sukendro yang memerankan tokoh Wiro Sableng kini fokus menjadi petani. Lahannya di kawasan Bogor ditanami sayuran dan aneka buah.

Pria yang akrab disapa Kenken ini dulu dikenal sebagai aktor laga yang memerankan tokoh Wiro Sableng. Tayangan Wiro Sableng begitu populer di era 90-an tepatnya sejak tahun 1995.

Tampilannya khas sehingga ia mudah dikenali dan cepat populer. Tapi sayang setelah sinetron ini berhenti tayang, Kenken pun mulai kehilangan pamor.

Kenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di BogorKenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di Bogor Foto: YouTube BPPSDMP Kementan RI/Instagram @kenzieaprilio.3

Kini Kenken diketahui sibuk sebagai petani di kawasan Bogor, Jawa Barat. Lewat tayangan youtube channel BPPSDMP Kementan RI (4/4) Kenken mengatakan bangga bisa menjadi petani Indonesia.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan RI mengangkat kisah Kenken sebagai bukti bahwa menjadi petani adalah profesi yang bergengsi.

"Saya dulu adalah aktor laga. Saya ingin ketika masa saya berakhir di dunia entertainment saya bisa menghabiskan waktu di dunia pertanian," kata Kenken.

Pria berambut gondrong ini menanam aneka sayuran dan buah di sawahnya. Ada selada, kembang kol, markisa hingga melon Korea. Area Bogor yang punya hawa sejuk menjadikan kebun Kenken tumbuh subur.

"Sangat menjanjikan. Kalau dikelola dengan cerdas. Dikelola dengan efektif dan dikelola dengan sungguh-sungguh, akan terasa hasilnya. Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah 18 tahun menggeluti dunia pertanian," kata Kenken.

Lewat Instagramnya juga beberapa kali Kenken mengunggah foto ketika ia berada di sawah. Ia pun pernah berpose di depan hamparan sawah kembang kol yang siap panen.

"Saya bangga menjadi salah satu petani di Indonesia yang menggeluti agrobisnis. Harapannya supaya generasi muda, lahan kita sangat luas kita bisa kelola kapanpun. Pemerintah sangat mendukung untuk petani di Indonesia," ujar Kenken.

Kenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di BogorKenken 'Wiro Sableng' Kini Sibuk Bertani Sayur dan Buah di Bogor Foto: YouTube BPPSDMP Kementan RI/Instagram @kenzieaprilio.3

DetikFood (4/10) sudah mencoba menghubungi Kenken untuk bertanya lebih lanjut soal kebun miliknya namun belum mendapatkan jawaban.

Kenken bukan satu-satunya publik figur yang banting setir jadi petani, sebelumnya juga ada Narji yang sukses menjadi petani, kemudian ada Ustadz Yusuf Mansur yang juga punya kebun sayuran dan buah di rumah serta di pesantrennya.



Simak Video "Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com