Erick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan Petai

Devi Setya - detikFood Senin, 11 Okt 2021 17:30 WIB
Erick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan Petai Foto: instagram @ridwankamil
Jakarta -

Jengkol dan petai memang punya rasa enak tapi terkadang aroma khasnya meninggalkan kesan kurang sedap. Ridwan Kamil punya tips untuk menghilangkan aroma jengkol dan petai.

Bagi penggemar jengkol dan petai pasti sulit menolak lezatnya olahan jengkol balado atau sambal goreng kentang dengan irisan petai. Tapi kadang dua makanan ini meninggalkan aroma kurang sedap terutama di mulut dan saat buang air kecil.

Selain teknik masak yang bisa menghilangkan aroma kurang sedap pada jengkol dan petai, ternyata ada juga trik menghilangkan aroma kurang sedap usai makan jengkol dan petai. Salah satu tipsnya dibagikan oleh Ridwan Kamil.

Erick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan PetaiErick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan Petai Foto: instagram @ridwankamil

Gubernur Jawa Barat ini memberikan tips menghilangkan bau usai makan jengkol dan petai pada Erick Thohir yang baru saja menghabiskan setengah piring jengkol.

"2 sendok kecap manis, itulah cara jenius hilangkan aroma jengkol dan petai," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini lewat unggahan Instagramnya (10/10).

Kang Emil menjadikan menu jengkol sebagai sajian spesial saat Erick Thohir berkunjung ke rumah dinasnya di Bandung, Jawa Barat.

"JENGKOL DAN PETAI. Aromanya bisa hilang dalam hitungan menit jika setelahnya ditutup dengan mengkonsumsi 2 sendok kecap manis. Aman sampai negeri toilet," kata Kang Emil.

Lebih lanjut, ia mengatakan kalau tips ini dibagikan secara turun temurun dari keluarga sang istri, Atalia. "Rahasia itulah yang saya sampaikan ke pak @erickthohir saat jamuan makan siang di gedung Pakuan. Pak Erick begitu lahap, jengkol habis setengah piring. Tips rahasia ini datang dari tradisi keluarga bu cinta @ataliapr selama puluhan tahun dalam menikmati masakan Sunda juara dunia ini," beber Kang Emil.

Tips makan kecap manis untuk hilangkan aroma jengkol dan petai ini ternyata mendapat banyak respon dari netizen. Ribuan orang berkomentar sekaligus ingin membuktikan tips ini. Namun tak sedikit yang justru melemparkan pertanyaan nyeleneh.

"Ketika maaf buang angin apa menghilang juga baunya pak? @ridwankamil" tanya netizen.

"Nuhun bapak atas infona, sangat berguna untuk abi nu suka jengki," kata netizen yang siap mencoba trik dari Kang Emil ini.

"Saya Asli Ambon Pak gara-gara Istri Asli Sunda Bandung Akhirnya Saya dicekokin Jengkol dan sampai sekarang Kalau makan selalu ada Jengkol goreng atau di kecapin rasanya Mantapppssss Pak @ridwankamil Tiada Tertandingi kalah yg namanya Daging Sapi juga Lewattttt" beber netizen yang curhat jadi doyan jengkol.

Erick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan PetaiErick Thohir Santap Banyak Jengkol, Ridwan Kamil Bagikan Tips Hilangkan Bau Jengkol dan Petai Foto: instagram @ridwankamil

Selain dengan kecap manis, aroma jengkol di mulut sebenarnya bisa hilang dengan beberapa makanan lain. Seperti minum kopi, mengunyah permen karet ataupun makan yoghurt.

Tak hanya dengan makanan, aroma jengkol juga bisa hilang dengan menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur. Dengan demikian kamu tetap bisa menikmati olahan jengkol dan petai namun tetap pede saat harus berbincang dengan orang lain.



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Olahan Jengkol Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com