Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini Reaksinya

Riska Fitria - detikFood Senin, 04 Okt 2021 11:30 WIB
Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini Reaksinya Foto: Instagram @ridwankamil
Jakarta -

Ridwan Kamil menghadiri Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021. Ia mencicipi ulat sagu dan menantang Bima Arya dan Hengky untuk ikut mencicipi.

PON Papua XX 2012 resmi dibuka pada Sabtu (2/10) di Stadion Lukan Enembe, Jayapura, Papua. Acara pembukaan pun dihadiri oleh beberapa kepala daerah termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil itu tiba di Jayapura sejak 1 Oktober 2021. Kehadirannya di PON itu tentunya untuk memberikan dukungan kepada kontingen Jawa Barat.

Baca Juga: Slurpp! Bakso Aci Racikan Kang Emil yang Gurihnya Bikin Nagih

Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini ReaksinyaRidwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini Reaksinya Foto: Instagram @ridwankamil

Bukan hanya itu, Ridwan Kamil juga menyempatkan untuk mencicipi kuliner khas Papua seperti yang dibagikan dalam unggahan di Instagram (03/10).

Ridwan Kamil mengatakan kalau ia mencicipi olahan ikan dan ulat sagu. Ulat sagu merupakan makanan kearifan lokal di pedalaman Papua. Ulat ini hidup di pelepah pohon sagu.

Biasanya masyarakat di Papua makan ulat sagu secara mentah-mentah. Namun, ada juga yang dimasak terlebih dahulu dan dijadikan lauk makan nasi. Meski terbilang ekstrem, tapi ulat sagu kaya akan protein.

Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini ReaksinyaRidwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini Reaksinya Foto: iStock

"Penuh protein dan rasanya: hmm..geli-geli manja di lidah," tulis Ridwan Kamil di caption.

Setelah mencicipi ulat sagu, Ridwan Kamil juga turut menantang Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan untuk mencicipi ulat sagu juga.

"Saya bacakan surat perintah Gubernur memerintahkan Wali Kota Bogor dan Bupati KBB untuk memakan ulat sagu," ujarnya di dalam video.

Reaksi Bima Arya dan Hengky Kurniawan pun berbeda-beda saat makan ulat sagu. Bima Arya yang memakan pertama reaksinya lebih tenang. Berbeda dengan reaksi Hengky Kurniawan.

Ridwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini ReaksinyaRidwan Kamil Tantang Bima Arya dan Hengky Kurniawan Cicip Ulat Sagu, Ini Reaksinya Foto: Instagram @ridwankamil

Hengky Kurniawan terlihat terkejut saat menikmati ulat sagu tersebut. Meskipun begitu, baik Bima Arya maupun Hengky Kurniawan berhasil lolos menerima tantangan Ridwan Kamil.

Video tersebut pun ramai ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang terhibur dengan kebersamaan para kepala daerah saat menikmati ulat sagu.

"Ngakak banget liat reaksi mas Hengky kayak gak tahan," tulis netizen.

"Enak itu kalau saya si doyan banget. Suka makan kalau di kampung," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan Sunda



Simak Video "Ridwan Kamil Ungkap Problem Utama Vaksinasi Corona di Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com