Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat Sashimi

Devi Setya - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 18:00 WIB
Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat Sashimi Foto: soranews
Jakarta -

Punya tampilan menyeramkan, seekor ikan asli Jepang ini ternyata enak dijadikan sashimi. Tubuhnya bersisik dan memiliki sirip seperti sayap, ikan ini mirip aligator.

Ikan hakkaku bukanlah jenis ikan populer di kalangan pencinta sashimi. Biasanya olahan ikan mentah asal Jepang ini dibuat menggunakan ikan salmon atau tuna.

Di Hokkaido ada ikan lokal yang dikenal dengan sebutan hakkaku, orang-orang juga kerap menyebut ikan hexagonal karena hakkaku artinya hexagonal. Dilansir dari Soranews (9/10) ikan dengan tampang menyeramkan ini ternyata punya daging yang lezat untuk dijadikan sashimi.

Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat SashimiIkan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat Sashimi Foto: soranews

Jangankan diluar Jepang, ikan hakkaku bahkan tidak populer selain di Hokkaido. Biasanya ikan banyak dijual di pasar ikan lokal, peminatnya tidak banyak karena ikan ini punya tampilan menyeramkan.

Hakkaku dijual dengan harga cukup murah yakni 735 Yen atau sekitar Rp 93 ribu per ekornya. Sekilas ikan ini tampak mirip aligator dengan bagian mulut agak runcing. Beberapa orang juga menyebut ikan ini mirip buaya atau naga karena sisiknya tajam.

Ikan ini kabarnya masih satu keluarga dengan ikan predator jenis aligator. Ikan hakkaku memiliki sirip berbentuk sayap di kedua sisi bagian atas dan bawah. Jika sayap ini dibentangkan maka ikan terlihat mirip kelelawar.

Untuk membuat sashimi dari ikan ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ikan ini dari kulit maupun tulangnya. Dibutuhkan pisau tajam untuk membuat seluruh bagian kulit terkupas karena teksturnya cukup keras dan berduri tajam.

Setelah memotong bagian kepala dan ikan ini, selanjutnya membersihkan bagian perut ikan. Dibutuhkan keahlian khusus untuk membersihkan ikan ini karena duri tajam pada kulit ikan sangat mudah membuat terluka.

Ikan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat SashimiIkan Menyeramkan Ini Ternyata Bisa Dibuat Sashimi Foto: soranews

Setelah ikan bersih dari kulit dan bagian isi perutnya, saatnya memotong daging ikan menjadi irisan sashimi. Daging ikan ini memiliki warna merah muda dengan tekstur lembut.

Ikan ini ternyata punya rasa yang enak dan tekstur lembut. Sekilas rasanya mirip ikan flounder yakni jenis ikan pipih mirip ikan pari. Ternyata ikan berwajah seram ini cocok dijadikan sashimi. Namun karena keberadaannya terbatas jadi tidak banyak diolah oleh masyarakat Jepang.



Simak Video "Ikan Cakalang-Nila Woku khas Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com