ADVERTISEMENT

Pernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar Lama

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 10 Okt 2021 13:00 WIB

Perjalanan Panjang Sebelum Menjajakan Sushi

Pernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar LamaPernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar Lama Foto: detikcom/Diah Afrilian

Sebelum menjajakan Tokyo Sushi, Andy mengungkapkan banyak perjalanan yang terlebih dahulu dilaluinya. Pada saat dirinya tiba di Indonesia, ia mengaku memang berniat akan berjualan sushi di kawasan Pasar Lama Tangerang. Namun sudah ada penjual sushi terlebih dahulu yang ternyata juga berlatar belakang pernah jadi pekerja di Amerika Serikat tetapi berbeda tempat dengannya.

Semasa menunggu kesempatan dan mencari tempat untuk berjualan sushi, Andy juga pernah melakukan banyak bisnis lain di bidang kuliner. Mulai dari berjualan telur asin, mie ayam hingga fried chicken pernah dikerjakannya sebelum menjadi penjual sushi sukses seperti saat ini.

Hingga akhirnya ia mendengar kabar bahwa penjual sushi sebelumnya telah kembali ke Amerika dan dirinya menggantikan sushi tersebut dengan Tokyo sushi miliknya yang hadir hingga saat ini. Setiap harinya ia selalu membawa satu termos penuh nasi yang jika diperkirakan isinya mampu menampung hingga 7,1 liter.

Berbagai bahan pelengkap juga dibawa dengan cukup banyak hingga mampu menghabiskan salmon hingga setengah ekor setiap harinya. Menurut keterangan Andy jumlah bahan-bahan yang dibawanya seringkali tidak mampu mencukupi pesanan pelanggan yang antre menumpuk untuk membeli sushinya.

"Iya, kita sering banget kehabisan bahan-bahan. Ini aja udah mulai beberapa dicancel karena bahan-bahannya habis, lagi rame," kata Andy saat ditemui oleh detikcom (22/9).

Buka mulai pukul 16.30 WIB sushi buatan Andy ini seringkali sudah habis saat pukul 20.00. Olahan makanan khas Jepangnya yang laku keras ini diakui mendatangkan omzet hingga lebih dari Rp3 juta per harinya. Dibantu oleh seorang karyawan, Andy melayani satu persatu pelanggan yang datang terutama di akhir pekan yang diakuinya selalu padat dan pesan masuk terus tanpa henti.

Awalnya dirinya tidak menyangka kalau keputusannya banting setir dan memulai usahanya akan mendapatkan hasil sebaik ini. Andy begitu bersyukur karena ilmu yang didapatkannya selama belasan tahun di Amerika Serikat ini ternyata berhasil membawa makanan lezat yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan.

Tokyo Sushi

Jalan Kisamaun, Pasar Lama Tangerang, Tangerang
Jam Operasional: 16.30 - 20.00 WIB
Instagram: tokyo_sushi_tgr

Baca juga: Laris di Pasar Lama Tangerang, Sate Gurita 'Si Endut' Bisa Raih Rp 5 Juta/Hari


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT