Pernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar Lama

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 13:00 WIB
Jakarta -

Belasan tahun bekerja di Amerika, chef ini putuskan untuk pulang ke Indonesia. Siapa sangka dirinya kini sukses berjualan sushi di Pasar lama Tangerang!

Banyak orang memilih banting setir setelah bertahun-tahun menjalani sebuah pekerjaan. Mengandalkan keahliannya, tidak sedikit orang-orang yang memilih untuk membuka usahanya sendiri.

Kemampuan yang didapatkan dari pekerjaan sebelumnya menjadi landasan dasar keberhasilan beberapa pengusaha yang merintis karirnya mulai dari nol. Tidak jarang juga dari mereka yang harus jatuh bangun sebelum berhasil menjalankan bisnis yang sukses seperti sekarang.

Kisah ini juga dialami oleh seorang penjual sushi di kawasan Pasar Lama Tangerang. Pernah bekerja belasan tahun di Amerika Serikat, mantan chef ini sekarang banting setir jadi penjual sushi di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang.

Bekerja Belasan Tahun di Amerika Serikat

Pernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar LamaPernah Kerja di Amerika, Chef Ini Jualan Sushi di Pasar Lama Foto: detikcom/Diah Afrilian

Andy Kurniawan, adalah sosok di balik Tokyo Sushi yang terkenal di Pasar Lama Tangerang. Menyajikan hidangan sushi dan makanan khas Jepang lainnya yang otentik ternyata dirinya memang memiliki latar belakang profesional sebagai chef masakan khas Jepang.

Sebelum membuka usahanya ini, ia mengaku kepada detikcom (22/9) pernah bekerja selama 15 tahun di Amerika Serikat. Mulai dari tahun 1998 dirinya sudah hijrah ke negeri Paman Sam ini hingga akhirnya kembali ke Indonesia pada tahun 2013.

Selama di Amerika Serikat dirinya pernah bekerja di sebuah restoran Vietnam di kawasan Philadelphia bernama Pho Sin Hua selama 5 tahun. Kemudian setelah berhenti dari restoran pertamanya, ia pindah ke sebuah restoran yang dikelola oleh seseorang berkebangsaan Korea Selatan.

Menghabiskan sisa waktunya di Amerika dengan bekerja di restoran Jepang, kemampuannya membuat masakan Jepang menjadi semakin meningkat. Di restoran Jepang tersebut ia belajar banyak dari sosok pemilik restoran yang justru berasal dari Korea Selatan untuk menyajikan sushi.

8 tahun lebih bekerja di Las Vegas membuat dirinya jatuh cinta dengan masakan khas Jepang. Merasa sangat terbantu oleh restoran khas Jepang bernama Tokyo Sushi tersebut ia merasa sudah saatnya untuk menyajikan menu lezat di Tokyo Sushi ke tempat lain.

Berhenti bekerja di Tokyo Sushi yang berlokasi di Las Vegas ini menjadi ide dasar dirinya menyajikan hidangan khas Jepang dengan mobil pick up di kawasan Pasar Lama Tangerang. Tidak disangka ternyata masakan Jepang buatannya punya banyak penggemar dan justru terus meningkat setiap harinya walau melalui masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Laris! Sate Ayam H.Ishak yang Legendaris Laku 6.000 Tusuk Sehari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com