Minuman Soda Bikin Daging Empuk, Ini Kata Dims The Meat Guy

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 10 Okt 2021 08:00 WIB
Minuman Soda Bisa Bikin Daging Empuk, Ini Percobaan Dims The Meat Guy Foto: TikTok/dimsthemeatguy
Jakarta -

Banyak trik masak diungkap untuk memudahkan proses masak. Kali ini trik mengempukan daging dengan minuman bersoda dibuktikan oleh Dimas The Meat Guy.

Memasak bukan hal sepele. Butuh teknik khusus yang harus dipahami agar hidangan yang disajikan memiliki rasa dan tekstur yang sempurna.

Banyak juga trik masak yang kerap dibagikan para ahli seperti chef profesional maupun beberapa orang melalui media sosial. Ternyata sebagian dari trik masak ini bisa ditiru karena berhasil dan sesuai dengan klaimnya.

Salah satunya adalah metode pengempukkan daging dengan menggunakan air soda. Seorang konten kreator yang seringkali mengulas tentang daging, Dimas The Meat Guy, akan membuktikan kebenaran mengempukkan daging dengan soda.

Minuman Soda Bisa Bikin Daging Empuk, Ini Percobaan Dims The Meat GuyMinuman Soda Bisa Bikin Daging Empuk, Ini Percobaan Dims The Meat Guy Foto: TikTok/dimsthemeatguy

Mengutip TikTok @dimsthemeatguy (5/10), terlihat dua buah potongan daging picanha telah disiapkan. Bersamaan dengan itu ada juga dua jenis minuman soda yaitu Coca-Cola dan Sprite yang akan digunakan untuk merendam daging tersebut.

"Kalo eksperimen mengempukkan daging gue paling suka. Kali ini gue pake potongan picanha yang lebih alot dibandingkan prime cuts. Jadi yang paling bener kita akan rendam pake minuman soda yang katanya bisa bikin daging jadi lebih empuk," kata Dimas.

Tanpa pikir panjang, Dimas langsung menuangkan seluruh isi botol minuman bersoda tersebut ke dalam wadah berisi daging. Selama satu jam, kedua daging picanha tersebut direndam pada suhu ruang.

Baca juga: Simulasikan Kondisi Jasad dalam Kubur, Netizen Ini Kubur Daging 7 Hari

Setelah direndam selama satu jam, terlihat perbedaan antara daging yang direndam dengan Cola dan yang direndam dengan Sprite. Daging yang direndam dengan Cola menunjukkan warna yang lebih gelap, sedangkan daging yang direndam dengan Sprite cenderung lebih terang warnanya.

Untuk membuktikan hasil keempukannya, Dimas langsung memarinasi daging dengan garam dan merica. Cukup dibakar sebentar saja, kini saatnya pembuktian trik mengempukkan daging dengan minuman bersoda.

Minuman Soda Bisa Bikin Daging Empuk, Ini Percobaan Dims The Meat GuyMinuman Soda Bisa Bikin Daging Empuk, Ini Percobaan Dims The Meat Guy Foto: TikTok/dimsthemeatguy

"Steak yang pertama gue cobain yang direndam dengan Cola. Rasanya jauh lebih empuk dibandingkan picanha pada umumnya. Uniknya rasanya juga ada sedikit rasa manis-manisnya," kata Dimas.

Setelah dirinya mencicipi steak yang sebelumnya direndam dengan Sprite diakui rasanya cukup berbeda. Tekstur daging yang satu ini memang lebih empuk dari picanha pada umumnya tetapi tidak lebih empuk dibandingkan daging yang direndam dalam Cola.

Dikonfirmasi oleh detikcom (6/10), perbedaan antara rasa dari minuman bersoda ternyata juga cukup memberikan pengaruh. Hal ini ditemui oleh Dimas pada rasa daging cenderung manis setelah direndam dalam Cola dan rasa daging yang lebih segar setelah direndam pada Sprite.

Unggahan videonya ini bahkan sudah dilihat oleh lebih dari 3,4 juta kali hanya dalam waktu 16 jam saja. Respon netizen juga terlihat begitu tinggi melalui lebih dari 800 komentar yang memenuhi unggahan tersebut. Bahkan ada yang menyarankan untuk merendam daging dengan bahan yang tak biasa.

"Bang coba pake tejus (merek minuman instan rasa buah)," tulis akun @imamcpy.

Baca juga: Wow! Pria Ini Berhasil Masak Steak dengan Cara Dipukul Selama 8 Jam



Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com