ADVERTISEMENT

Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Okt 2021 16:30 WIB
Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!
Foto: iStock/Istimewa

6. Buah Gandaria

Bukan lagi langka, buah eksotis ini bahkan dikategorikan terancam punah. Nama buah ini mungkin tidak begitu asing karena diabadikan sebagai salah satu nama kawasan di Jakarta Selatan. Buah asli dari Indonesia ini memiliki bentuk bulat seperti bola kecil dengan biji berbentuk lonjong di bagian tengah.

Memiliki rasa asam dan berwarna hijau saat masih mentah, buah gandaria akan berubah warnanya menjadi kuning atau oranye setelah matang. Banyak ahli dan penelitian yang juga telah membuktikan khasiat dan manfaat dari buah gandaria. Sayangnya, menemukan buah gandaria di Indonesia kini sudah tidak mudah lagi.

Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia!Pernah Coba? 7 Buah Eksotis Ini Cuma Ada di Indonesia! Foto: iStock/Istimewa

7. Buah Mundu

Tidak banyak yang tahu tentang buah mundu. Buah eksotis ini merupakan buah asli dari tanah Borneo atau Kalimantan. Buah yang langka ini dikatakan hanya bisa dijumpai di pulau Kalimantan dan di beberapa wilayah di bagian barat pulau Jawa.

Buah mundu sendiri punya banyak khasiat mulai dari buah hingga daunnya. Daging buah mundu bisa langsung dikonsumsi atau diolah sebagai selai. Sedangkan bijinya dipercaya bagi masyarakat di Jawa hingga Singapura dapat mengatasi sakit tenggorokan. Tak hanya buahnya, daun tumbuhan mundu juga dipercaya dapat mengobati diare.

Baca juga: Tanam Semangka Langka Abad 20, Blogger Ini Kecewa Rasa Buahnya Tidak Enak


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT