Pizza Pakai Topping 834 Jenis Keju Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 17:05 WIB
Rekor Dunia Topping Keju Terbanyak, Pakai 834 Jenis Keju Foto: dok. Guiness World Records
Jakarta -

Rekor dunia berupa pizza kembali dipecahkan. Kali ini merupakan hasil kolaborasi tiga orang chef asal Prancis membuat pizza dengan topping keju sebanyak 834 jenis.

Tiga chef asal Prancis yang berhasil mencetak rekor dunia pizza ini di antaranya adalah Morgan Niquet, Francois Robin, dan Julien Serri. Ketiganya mencetak rekor dunia tersebut pada saat pameran SIRHA di Lyon, Prancis, di akhir September 2021 lalu.

Aksi dari tiga chef saat meracik pizza rekor dunia itu menarik perhatian dari para pengunjung di pameran SIRHA yang merupakan pertemuan hotel, restoran dan katering.

Rekor Dunia Topping Keju Terbanyak, Pakai 834 Jenis KejuRekor Dunia Topping Keju Terbanyak, Pakai 834 Jenis Keju Foto: dok. Guiness World Records

Baca Juga: Jualan di Pinggir Kali, Soto Mang Bonin Beromzet Rp 5 Juta Per Hari

Dilansir dari Guiness World Record, tiga chef ini menggunakan topping keju sebanyak 834 jenis. Segala macam keju dipotong secukupnya untuk diletakkan di atas adonan pizza.

Setiap jenis keju yang digunakan untuk topping minimal harus memiliki berat 2 gram. Keju yang digunakan di antara lain adalah keju cheddar, mozarella, blue cheese, hingga ricotta.

Sebelum menyajikannya, para chef ini melelehkan 834 jenis keju itu terlebih dahulu. Setelah keju meleleh dengan sempurna, barulah dipindahkan ke atas adonan pizza.

Kemudian, di atas kejunya diberikan hiasan berupa daun basil. Sepucuk daun basil ini diletakkan untuk mempercatik tampilan pizza.

Rekor Dunia Topping Keju Terbanyak, Pakai 834 Jenis KejuRekor Dunia Topping Keju Terbanyak, Pakai 834 Jenis Keju Foto: dok. Guiness World Records

Tiga chef asal Prancis itu kemudian langsung berikan penghargaan Guiness World Record. Rekor 834 topping keju ini juga mengalahkan rekor dunia pizza sebelumnya.

Baca Juga: 10 Mie Instan Terpedas di Dunia, Juaranya Bukan dari Asia!

Pada tahun 2020 lalu, rekor dunia pizza dengan topping 254 jenis keju berhasil memenangkan rekor. Saat itu pizza dibuat oleh chef asal Prancis yaitu Frenchman Benoit Cruel.

Pizza terpanjang di dunia jua berhasil memenagkan rekor dunia. Bagaimana tidak, pizza tersebut dibuat dengan ukuran memanjang sampai 1,9 kilometer. Pizza terpanjang di dunia ini dibuat di Amerika Serikat pada 2017 lalu.

Pizza sepanjang 1,9 kilometer pun menghabiskan adonan seberat 8.028 kilogram. Selain itu menghabiskan 2.267 kilogram saus tomat, serta 1.769 kilogram keju mozarella.

Baca Juga: 5 Rekor Dunia Pizza, Ada yang Terpanjang sampai Termahal!



Simak Video "Perusahaan di Bangkok Bikin Pizza dengan Topping Ganja"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com